Tuesday, January 23, 2018

Kisah Sibuta Dan Silumpuh.

Photo ini diambil di Damaskus pada tahun 1889. Dan disini akan dikisahkan tentang photo tersebut mengenai dua orang sahabat karib yang tinggal di Damaskus. Yang pertama Samur namanya, beragama Nasrani memiliki tubuh yang pendek dan lumpuh. Dan sahabat karibnya Soleh namanya, beragama Islam memiliki tubuh yang jangkung dan  buta.

Kedua orang sahabat karib tersebut sejak kecil sudah yatim piatu dan tinggal bersama dalam satu rumah. Samur bergantung pada kaki soleh untuk berjalan, dan Soleh bergantung pada mata Samur untuk melihat.

Kedua orang sahabat karib tersebut berkerja pada sebuah warung kopi. Keduanya dikaruniai umur yang panjang karena keduanya adalah orang yang taat dan rajin beribadah, sampai pada suatu waktu Samur tidur disebelah soleh yang sedang mengerjakan sholat malam dan diikuti sambil membaca sholawat Nabi Muhammad  ﷺ.

Ketika Soleh sedang mengerjakan sholat malam, dalam tidurnya Samur bermimpi didatangi sebuah cahaya putih yang berjalan bersama Soleh sahabat karibnya dan cahaya itu lalu berkata kepada samur:
"Duhai Samur jika engkau ingin berkumpul bersama sahabat karibmu (Soleh) didunia dan akhirat maka ikutilah ajaran soleh".

Samur lalu bertanya dan berkata:
"Siapakah engkau sesungguhnya? ".

Berkatalah cahaya itu untuk  menjawab pertanyaan Samur:
"Sahabat karibmu lebih mengetahui mengenai aku, tanyaIah kepadanya siapakah diriku..!!".

Lalu cahaya itu melanjutkan perkataanya dengan berkata:
"Titip salam untuk sahabatmu dariku Muhammad  ﷺ".

Akhirnya Samurpun terbangun melihat Sahabat karibnya soleh masih berdoa sambil mengucur air mata, setelahnya Samur berkata:
"Duhai sahabatku, sudah selesaikah engkau berdoa..!! ".

Soleh lalu menjawabnya:
" Ya".

Soleh lalu berkata:
"Samur ternyata engkau sudah bangun".

Samur kemudian bermaksud mengutarakan keinginnya dan berkata:
"Aku ingin bercerita... ".

Setelah menceritakan peristiwa dalam mimpinya, kedua orang sahabat karib itupun menangis dan pada akhirnya Samur memutuskan untuk masuk islam. Dan inilah yang merupakan salah satu berkah memiliki sahabat yang Soleh. 

Samur meninggal Iebih dahulu. Seminggu kemudian, Soleh menyusul sahabat karibnya, mereka berdua meninggal karena cinta yang sangat mendalam mengumpulkan mereka satu atap di syurga bersama kekasih Allah SWT Tuhan semesta Alam Rasulullah, .

Wallahualam bishowab.

Sunday, January 21, 2018

Aku Didalam Aku.

Allah telah menciptakan tujuh malaikat sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Di setiap langit itu ada satu malaikat yang menjaga pintu tersebut.

Ibn Mubarak mengatakan bahwa Khalid bin Ma'dan berkata kepada sahabat Mu'adz bin Jabal RA:
"Ceritakanlah satu hadits yang kau dengar dari Rasulullah , yang kau menghafalnya dan setiap hari kau mengingatnya lantaran saking keras, halus, dan dalamnya makna hadits tersebut. Hadits manakah yang menurut pendapatmu paling penting ?"

Mu'adz menjawab:
 "Baiklah, akan kuceritakan" .

Sesaat kemudian, ia pun menangis hingga lama sekali, lalu ia bertutur:
"Hmm, sungguh betapa rindunya hati ini kepada Rasulullah , ingin rasanya segera bersua dengan Rasulullah .."

Ia melanjutkan:
Suatu saat aku menghadap Rasulullah  . Pada saat itu Rasulullah ﷺ sedang menunggangi seekor unta dan menyuruhku naik dibelakangnya, maka berangkatlah kami dengan unta tersebut. Kemudian Rasulullah  menengadahkan wajahnya ke langit, dan berdoa:
 "Puji syukur kehadirat Allah, Yang Maha Berkehendak kepada makhluq-Nya menurut kehendak-Nya."

Kemudian Rasulullah  berkata:
"Sekarang aku akan mengisahkan satu cerita kepadamu yang apabila engkau hafalkan, akan berguna bagimu, tapi kalau engkau sepelekan, engkau tidak akan mempunyai hujjah kelak di hadapan Allah SWT".

"Hai, Mu'adz! Allah menciptakan tujuh malaikat sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Pada setiap langit ada satu malaikat yang menjaga pintu, dan tiap-tiap pintu langit itu dijaga oleh malaikat penjaga pintu sesuai kadar pintu dan keagungannya".

Maka, Malaikat hafazhah (malaikat yang memelihara dan mencatat amal seseorang) naik ke langit dengan membawa amal seseorang yang cahayanya bersinar-sinar bagaikan cahaya matahari. Ia, yang menganggap amal orang tersebut banyak, memuji amal-amal orang itu. Tapi, sampai di pintu langit pertama, berkata malaikat penjaga pintu langit itu kepada malaikat hafazhah, "Tamparkanlah amal ini ke wajah pemiliknya, aku ini penjaga tukang pengumpat, aku diperintahkan untuk tidak menerima masuk tukang mengumpat orang lain. Jangan sampai amal ini melewatiku untuk mencapai langit berikutnya."

Keesokan harinya, ada lagi malaikat hafazhah yang naik ke langit dengan membawa amal shalih seorang lainnya yang cahayanya berkilauan. Ia juga memujinya lantaran begitu banyaknya amal tersebut. Namun malaikat di langit kedua mengatakan, "berhentilah, dan tamparkan amal ini ke wajah pemiliknya, sebab dengan amalnya itu dia mengharap keduniaan. Allah memerintahkanku untuk menahan amal seperti ini, jangan sampai lewat hingga hari berikutnya." Maka seluruh malaikat pun melaknat orang tersebut sampai sore hari.

Kemudian ada lagi malaikat hafazhah yang naik ke langit dengan membawa amal hamba Allah yang sangat memuaskan, dipenuhi amal sedekah, puasa, dan bermacam-macam kebaikan yang oleh malaikat hafazhah dianggap demikian banyak dan terpuji. Namun saat sampai di langit ketiga berkata malaikat penjaga pintu langit yang ketiga, "Tamparkanlan amal ini ke wajah pemiliknya, aku malaikat penjaga orang yang sombong. Allah memerintahkanku untuk tidak menerima orang sombong masuk. Jangan sampai amal ini melewatiku untuk mencapai langit berikutnya. Salahnya sendiri ia menyombongkan dirinya di tengah-tengah orang lain.

Kemudian ada lagi malaikat hafazhah yang naik ke langit keempat, membawa amal seseorang yang bersinar bagaikan bintang yang paling besar, suaranya bergemuruh, penuh dengan tasbih, puasa, shalat, naik haji, dan umrah. Tapi, ketika sampai di langit keempat, malaikat penjaga pintu langit keempat mengatakan kepada malaikat hafazhah, "berhentilah, jangan dilanjutkan. Tamparkanlah amal ini ke wajah pemiliknya, aku ini penjaga orang -orang yang suka ujub (membanggakan diri). Aku diperintahkan untuk tidak menerima masuk amal tukang ujub. Jangan sampai amal itu melewatiku untuk mencapai langit yang berikutnya, sebab ia kalau beramal selalu ujub.

Kemudian naik lagi malaikat hafazhah ke langit kelima, membawa amal hamba yang diarak bagaikan pengantin wanita diiring kepada suaminya, amal yang begitu bagus, seperti amal jihad, ibadah haji, ibadah umrah. Cahaya amal itu bagaikan matahari. Namun, begitu sampai di langit kelima, berkata malaikat penjaga pintu langit kelima, "Aku ini penjaga sifat hasud (dengki, iri hati). Pemilik amal ini, yang amalnya sedemikian bagus, suka hasud kepada orang lain atas kenikmatan yang Allah berikan kepadanya. Sungguh ia benci kepada apa yang diridhai Allah SWT. Saya diperintahkan agar tidak membiarkan amal orang seperti ini untuk melewati pintuku menuju pintu selanjutnya.."

Kemudian ada lagi malaikat hafazhah naik dengan membawa amal lain berupa wudhu yang sempurna, shalat yang banyak, puasa, haji, dan umrah. Tapi saat ia sampai di langit keenam, malaikat penjaga pintu ini mengatakan, "Aku ini malaikat penjaga rahmat. Amal yang seolah-olah bagus ini, tamparkanlah ke wajah pemiliknya. Salah sendiri ia tidak pernah mengasihi orang. Apabila ada orang lain yang mendapat musibah, ia merasa senang. Aku diperintahkan agar amal seperti ini tidak melewatiku hingga dapat sampai pada pintu berikutnya."

Kemudian ada lagi malaikat hafazhah naik ke langit ketujuh dengan membawa amal seorang hamba berupa bermacam-macam sedekah, puasa, shalat, jihad, dan kewara'a. Suaranya pun bergemuruh bagaikan geledek. Cahayanya bagaikan malaikat. Namun tatkala sampai di langit yang ketujuh, malaikat penjaga langit ketujuh mengatakan, "Aku ini penjaga sum'at (ingin terkenal / Riya). Sesungguhnya orang ini ingin dikenal dalam kumpulan, kumpulan, selalu ingin terlihat lebih unggul disaat berkumpul, dan ingin mendapatkan pengaruh dari para pemimpin.. Allah memerintahkanku agar amalnya itu tidak sampai melewatiku. Setiap amal yang tidak bersih karena Allah, itulah yang disebut Riya. Allah tak akan menerima amal orang-orang yang riya."

Kemudian ada lagi malaikat hafazhah naik membawa amal seorang hamba : shalat, zakat, puasa, haji, umrah, akhlak yang baik, pendiam, tidak banyak bicara, dzikir kepada Allah. Amalnya itu diiringi para malaikat hingga langit ketujuh, bahkan sampai menerobos memasuki hijab-hijab dan sampailah kehadirat Allah.

Para malaikat itu berdiri dihadapan Allah. Semua menyaksikan bahwa amal ini adalah amal yang shalih dan ikhlas karena Allah SWT.

Namun Allah berfirman, " Kalian adalah hafazhah, pencatat amal-amal hamba-Ku. Sedangkan Akulah yang mengintip hatinya. Amal ini tidak karena-Ku. yang dimaksud oleh si pemilik amal ini bukanlah Aku. Amal ini tidak diikhlaskan demi Aku. Aku lebih mengetahui dari kalian apa yang dimaksud olehnya dengan amalan itu. Aku laknat dia, karena menipu orang lain, dan juga menipu kalian (para malaikat hafazhah). tapi Aku tak'kan tertipu olehnya.

Aku ini yang paling tahu akan hal-hal yang ghaib. Akulah yang melihat isi hatinya, dan tidak akan samar kepada-Ku setiap apapun yang samar. tidak akan tersembunyi bagi-Ku setiap apapun yang tersembunyi. Pengetahuan-Ku atas apa yang telah terjadi sama dengan pengetahuan-Ku akan apa yang akan terjadi. Pengetahuan-Ku atas apa yang telah lewat sama dengan pengetahuan-Ku atas apa yagn akan datang. Pengetahuan-Ku kepada orang-orang terdahu-Ku sebagaimana pengetahuan-Ku kepada orang-orang yang kemudian. Aku lebih tahu atas apapun yang tersamar daripada rahasia. Bagaimana bisa amal hamba-Ku menipu-Ku. Dia bisa menipu makhluk-makhluk yang tidak tahu, sedangkan Aku ini Yang Mengetahui hal-hal yang ghaib. Laknat-Ku tetap kepadanya.

Tujuh malaikat hafazhah yang ada pada saat itu dan 3000 malaikat lain yang mengiringinya menimpali, "Wahai Tuhan kami, dengan demikian tetaplah laknat-Mu dan laknat kami kepadanya." Maka, semua yang ada di langit pun mengatakan, "Tetapkanlah laknat Allah dan laknat mereka yang melaknat kepadanya."

Wallahu a'lam bishowab.

Wednesday, January 17, 2018

Hakekat Orang-Orang Yang Sholeh Dan Kita

Al Habib Ahmad Al Atthas RA, berkata :
"Sepatutnya seseorang memiliki tali hubungan dengan orang sholeh/wali baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal".

Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi RA :
"Barangsiapa yang tidak pernah duduk dengan orang arif (sholeh) maka kehidupannya akan terlewat dengan sia-sia dan ia terhitung sebagai orang yang merugi".

Lalu bagaimana cara kita menjalin hubungan dengan orang sholeh?.
Al Habib Umar bin Hafidz RA berkata :
"Al Habib Ahmad bin Hasan Al Atthas RA menyebutkan :
"Jika seseorang menyebut nama orang sholeh/wali maka jarak antara ia dengan orang sholeh/wali tersebut semakin dekat".

Al Habib Salim bin Abdulloh As Syathiri RA juga berkata:
"Orang yang menyebut nama orang sholeh/wali itu seperti orang yang menelpon. Ketika kita memencet nomor maka nomor tujuan akan berdering".

"Begitu juga ketika kita sebut nama orang soleh/wali maka akan berdering di sisi orang sholeh/wali tersebut. Siapa orang yg membaca wirid/kitab orang sholeh ketahuilah bahwa orang sholeh tersebut hadir... Jika kita sering menyebut nama orang sholeh maka sirr orang tersebut akan melekat pada wajah kita".

Wallahu a'lam bishowab.

Friday, January 12, 2018

Hakekat Doa

Perintah berdoa sebagaimana Allah SWT berfirman:


وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS Al-Mu’min 60).

Allah SWT berfirman:
“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi ?Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikit lah kamu mengingati(Nya).Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya?” ( QS an-Naml :62)

Dalam sebuah hadits Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa taqdir yang Allah Ta’aala telah tentukan boleh berubah. Dan faktor yang dapat mengubah taqdir ialah doa seseorang.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ (الترمذي)


Bersabda Rasulullah :
Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah Ta’ala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.”(HR Tirmidzi 2065).

Dengan do’a kita akan berharap bahwa taqdir yang Allah Ta’ala tentukan atas diri kita berubah. Hal ini merupakan sebuah berita gembira bagi kita yang selama ini merasa hidup kita hanya diwarnai penderitaan dari waktu ke waktu. Lalu kita akan menjadi orang yang optimis. Sebab keadaan hidup kita yang selama ini dirasakan hanya berisi kesengsaraan dapat berakhir dan berubah. Asal kita tidak berputus asa dari rahmat Allah Ta'ala dan kita mau bersungguh-sungguh meminta dengan do’a yang tulus kepada Allah Ta'ala Yang Maha Berkuasa.

Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala;

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ


“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah ta’aala mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS Az-Zumar 53-54)'.

Dengan berdoa, Allah akan senantiasa menolong kita yang tertimpa kesulitan, menolong kita yang didhzalimi , memberi petunjuk kepada kita yang sesat, menyembuhkan kita yang sedang sakit,dan meringankan beban kita yang sedang mendapat cobaan.

Sesungguhnya ketika kita berdoa, maka Allâh menjawab doa kita. Jika kita berdoa lalu berkata:
"Duhai Tuhanku,”.

Maka Allah akan menjawabnya dengan berkata:
“Labbaik hamba-Ku”.

Setiap doa pasti dijawab oleh Allâh SWT. 

Adapun mengenai permintaan yang kita ajukan dalam doa kita, maka Allâh SWT akan melihatnya terlebih dahulu.  Jika saja yang kita minta itu baik dan bermanfaat untuk kita, maka Allâh SWTpasti akan mengabulkanya. Akan tetapi, jika yang kita minta itu cuma membawa kemuharatan untuk kita maka Allâh SWT tidak akan akan mengabulkan doa kita.

Dalam artian Allâh SWT hanya akan memberikan sesuatu hal yang hakekatnya itu pasti membawa manfaat bagi kita semua, Allâh SWT hanya tidak akan memberikan sesuatu yang menurut-Nya buruk meskipun menurut kita baik.

Sesungguhnya apa yang kita pinta itu akan Allah SWT berikan sesuai dengan hahekat-Nya.  Kita ambil sebuah contoh, jika saja anak kita yang masih kecil yang kita sangat sayangi datang menemui kita, lalu meminta sesuatu yang kita anggap akan membahayakan dirinya sedangkan dia tidak tahu bahwa apa yang dia minta itu berbahaya baginya, apa yang akan kita lakukan? 
Apakah kita akan mengabulkan permintaannya atau menolaknya? 

Dengan demikian sesungguhnya penolakan kita sebagai orangtua adalah sebuah pemberian dan anugrah, sebab kita telah mencegahnya dari sesuatu yang akan membahayakan dirinya.

Begitulah salah satu bukti kasih sayang Allâh SWT kepada kita selaku hamba-hamba-Nya.  Allâh SWT selalu memilihkan yang terbaik bagi mereka, sebab Allah SWT menyayangi mereka lebih daripada kasih sayang mereka kepada dirinya sendiri. 

Dan Allah SWT lebih mengasihi dan menyayangi kita lebih daripada kasih sayang kedua orang tua kita.

Wallahu A'lam Bishowab.

Hakekat Tidur.

Para pakar dari University of Rochester Medical Center USA telah melakukan sebuat riset tentang tidur. Dalam riset tersebut disebutkan jika salah satu penyebab mengapa manusia itu butuh tidur adalah karena adanya proses pembersihan tubuh dari berbagai toksin. Pada riset tersebut, dapat diambil kesimpulan jika sel-sel otak kita mengalami penyusutan selama kita sedang tertidur sehingga jarak antar neuron pun lebih terbuka bagi cairan pembersih otak untuk masuk dan bekerja. Hal ini dapat diartikan jika kita telah menyepelekan waktu tidur, maka kita tidak memberikan kesempatan bagi cairan ini untuk membersihkan berbagai toksin di dalam otak kita. Padahal, jika ada banyak toksin di dalam otak kita, maka otak kitapun beresiko tinggi mengalami gangguan, khususnya pada hal daya ingat.

Masih banyak sekali dari kita yang suka sekali menyepelekan waktu tidur yang utama. Kita sering berpikir asalkan kita bisa tidur, maka hal itu kita anggap hanya untuk menghilangkan rasa kantuk kita saja, maka kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuh kita pun tidak akan mampu melakukan pembersihan toksin pada berbagai bagian tubuh kita, termasuk diantaranya adalah otak. Dan tanpa kita sadari, ternyata otak juga sangat membutuhkan waktu tidur yang cukup sebagai waktu untuk membersihkan berbagai toksin yang terkumpul selama beraktifitas seharian.

Tidur yang paling baik adalah tidur yang cukup dan pada waktu yang tepat. Jadi tidur yang cukup pada waktu yang tidak tepat maka hanya akan membawa efek yang baik buat kita. Karenanya tidur itu dibagi menjadi 5 macam waktu dan efeknya sebagai berikut :
1. 'Ailulah yaitu tidur setelah faja cr, bisa mewariskan lupa.
2. Ghoilulah yaitu tidur di waktu dhuha, bisa mewariskan faqir
3. Qoilulah yaitu tidur di waktu istiwa', bisa mewariskan kaya
4. Kailulah yaitu tidur setelah 'ashar, bisa mewariskan gila.
5. Failulah yaitu tidur setelah maghrib, bisa mewariskan fitnah.

النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد المغريب يورث الفتنة

Tidur setelah subuh hukumnya makruh karena waktu tsb adalah saat dibagikannya rizki maka tidak baik tidur waktu itu.Ibnu abbas pernah melihat seorang anaknya yang tidur setelah subuh, beliau berkata :" bangunkah, apakah engkau tidur di saat rizki dibagikan didalamnya. "dari sebagian tabi'in bahwa sesungguhnya bumi berteriak karena tidurnya orang alim setelah sholat subuh, hal itu disebabkan waktu tsb adalah waktu untuk mencari rizki dan berjalan di dalamnya secara syara' dan adat kebiasaan menurut orang-orang yang berakal.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda:
 " Yaa Allah berkahilah ummatku di waktu paginya ".

Dalam sebuah hadist lainya dari Umar Rasulullah ﷺ bersabda:
" berhati hatilah kalian dari tidur di waktu pagi, karena bisa menyebabkan banyaknya uap yang menutupi otak, memutuskan pernikahan dan mengkeringkan tabi'at.".

Kitab syarah mandzumatul adab (2/355) karya syeikh muhammad bin ahmad as safarini :

مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر : ونومك بعد الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك ) أيها المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم فيها ، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق .
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم بعد صلاة الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء . وفي الحديث { اللهم بارك لأمتي في بكورها } .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي الله عنه { إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة } قال : ومعنى مبخرة تزيد في البخار وتغلظه . ومجفرة قاطعة للنكاح . ومجعرة ميبسة للطبيعة " .

Dinukil dari kitab tuhfatul habib syarah khotib :

وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول النهار عيلولة وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة في العقل وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث الهلاك .

Disebutkan dalam kitab tadzkiroh buah karya al-jalal as-suyuthi bahwa :
▪tidur di permulaan siang (pagi hari) disebut 'ailulah yaitu (menyebabkan) kefakiran.
▪tidur di waktu dluha disebut failulah, (menyebabkan) kelemahan/lesu pada badan.
▪ketika tergelincir matahari (zawal) disebut qoilulah, dapat menambah (kecerdasan) akal.
▪tidur setelah zawal disebut khailulah, yakni dapat menghalangi antara orang itu dan sholat.
▪dan tidur di akhir siang (sore hari) disebut ghoilulah, dapat menyebabkan binasa.

قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة لكثر مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف البصر والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في الولد المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد .

Al-manawiy berkata : ketahuilah, sesungguhnya banyak tidur itu tidak terpuji, karena banyak menimbulkan keburukan ukhrowi bahkan duniawi. karena banyak tidur itu menyebabkan lupa, syubhat, rusaknya pembawaan tubuh dan jiwa, memperbanyak lendir, lemah semangat/murung, melemahkan lambung, membuat muluk berbau busuk, menimbulkan luka, melemahkan penglihatan, nafsu seksual sehingga tidak ada pendorong untuk bersenggama, merusak (kandungan) air (pada tubuh), menyebabkan penyakit lumpuh pada anak yang terbentuk dari air sperma itu ketika terbentuk, dan melemahkan raga.

Wallahu a'lam bishowab.

Monday, January 8, 2018

Kafir Karena Ghibah.

Larangan untuk ghibah sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah kebanyakan dari prasangka (kecurigaan), sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing satu sama lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tubat lagi Maha Penyayang.” (QS.49-Al-Hujurat:12).

Dinuqil dari kitab Syarah Sullam halaman 80.
قال شعيب الحريفيس  وعن عبد الله بن أحمد المؤذن رحمه الله تعالى قال كنا نطوف حول الكعبة واذا برجل متعلق باستتار الكعبة وهو يقول اللهم أخرجني من الدنيا مسلما لايزيد على ذلك شياء فقلت له لم لاتزيد على ذلك الدعاء شياء  ؟  فقال لو علمت قضيتي كنت تعذرني قلت وما قضيتك ؟ قال كان لي أخوان وكان أكبرهما مؤذن أربعين سنة فلما حضر الموت دعا بالمصحف ، فظننا انه يتبرك به ويقراء منه شياء فاخذه بيده وأشهد على نفسه من حضر أنه برئ ممافيه ثم تحول الى دين الكفر ومات نصرانيا فلما ذفن  أذن الآخر ثلاثن سنة فلما حضره الموت فعل كما فعل الاخ الاكبر ومات نصرانيا نعذ بالله من مكره واني خائف على نفسي ان اكون مثلهما فادع الله تعالى ان يحفظ ديني. فقلت ماكان ذنبهما ؟ فقال كانا يتتبعان عورات الناس.

Syu'ib Al Huraifiis berkata:
Dari Abdullah bin Ahmad  al Muadzin berkata:
" Ketika kami sedang tawaf disekitar ka'bah, ada seorang lelaki yang bergelantungan pada kelambu ka'bah dia berdoa (  ya Allah wafatkan kami dalam keadaan islam ) dia tidak menambah apapun dalam doanya".

Lalu saya bertanya:

"Kenapa kamu tidak menambah sesuatu dalam doamu ?".


Dia menjawab:

" Ada saja kamu mengerti apa yang saya alami, pasti kamu tidak akan bertanya ".


Saya bertanya lagi padanya:
" Apakah yang telah kamu alami  ?".

Dia bercerita:

" Saya punya dua sandara, yang tertua menjadi muadzin selama 40 tahun, ketika dia sekarat, dia meminta Al Qur'an, kami mengira dia ingin mengharap barokahnya atau mau membacanya beberapa ayat,  lalu dia mengambil Al Qur'an dengan tangannya dan minta disaksikan pada orang yang hadir pada waktu itu, bahwa dia sudah bebas dari Al qur'an, dia berpindah agama dan meninggal dengan bergama nasrani".


"Setelah dia dikubur suadaraku yang kedua yang menjadi muadzin selama 30 tahun, nasibnyapun sama dengan yang tertua, (mati beragama nasrani) semoga kami diselamatkan oleh Allah SWT, saya takut nasibku seperti saudara-saudarku".

"Dan saya berdoa agar Allah SWT menjaga agamaku".

Saya lalu bertanya:

" Apakah dosa yang dilakukan sudaramu itu? ".


Dia menjawab:

" Mereka selalu mencari dan meneliti kesalahan dan kemaluan (aib) orang lain".


Kitab Mirqot Shu'ud al-Tashdiiq As Syekh Nawawi RA-Banten.
Wallahu a'lam bishowab.

Hakekat Doa Makan


بسم الله الرّحمن الرّحيم
الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَـنَا، وَقِنَا عَذَابَ الـنَّارِ

“Bismillaahi rahmaani rahiim".
"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"
Artinya : “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Sejak dari kecil kita sudah terbiasa mendengar doa diatas. Karena kita diajarkan oleh orangtua kita untuk selalu berdoa dalam segala aktivitas,dan kitapun juga akan mengajarkan kepada anak kita untuk membaca doa tersebut. Lalu anak-anak kitapun juga akan mengajarkan kepada anaknya untuk membaca doa tersebut. begitu seterusnya. Tapi apakah kita memahami hakekat dari doa sebelum makan tersebut. Mari kita simak kisah berikut yang dapat kita jadikan pelajaran didalamnya.

Minum Air Sambil Berdiri

Minum air itu sangatlah dianjurkan karena efeknyapun sangat  bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh kita, namun kita harus paham dan mengikuti rambu-rambu ataupun aturan-aturan yang telah diberikan mengenai kebiasaan cara minum kita, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagaimana  Rasulullah ﷺ bersabda:
“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim).

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah ﷺ  bersabda:
"Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata: ”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Turmidzi)

Pada hakekatnya jika kita minum sambil duduk, air yang kita minum akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah sebuah struktur maskuler (berotot) yang dapat dibuka ketika kita duduk (sehingga air dengan sangat mudah dapat lewat) dan menutup ketika kita berdiri (sehingga aira tidak dapat lewat). Setiap air yang kita minum akan didistribusikan di bagian-bagian terkecil dari ginjal untuk di filtrasi. Jika kita minum berdiri maka air yang kita minum tidak disaring dulu akan tetapi langsung dibawa ke kandung kemih. Karena langsung menuju ke dalam kandung kemih maka sisa 'sampah' yang tidak tersaring akan ikut sehingga menyebabkan pengendapan pada bagian saluran ureter. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kristal.Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Selain itu minum sambil berdiri itu dapat mengakibatkan:
  • Ginjal.
Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Gangguan pada ginjal akan memengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

  • Penyakit arthritis

Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas. Arthritis dapat dikatakan sebagai penyakit peradangan sendi, dan dapat mempengaruhi beberapa sendi. Penyakit arthritis dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Osteoarthritis
Osteoarthritis dapat mempengaruhi lapisan tulang rawan sendi, yang menyebabkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak bagi penderitanya. Dalam kondisi parah, kehilangan tulang rawan dapat menyebabkan tulang saling bergesekan, mengubah bentuk sendi dan memaksa tulang keluar dari posisi normal mereka. Posisi di mana osteoarthritis sering muncul adalah pada sendi tangan, tulang belakang, lutut, pinggul. Jenis arthritis ini biasanya berkembang pada orang paruh baya, terutama di akhir usia 40-an atau lebih tua.

2. Rheumatoid arthritis
Bagi mereka yang berusia antara 40 dan 50 tahun memiliki risiko tinggi terjangkit rheumatoid arthritis. Dimana pelindung luar sendi adalah tempat pertama yang akan terpengaruh. Kemudian, peradangan tersebuit akan menyebar ke sendi sekitarnya. Jika kita memiliki rheumatoid arthritis, maka kitapun akan mengalami perubahan pada bentuk sendi kita. Hal ini dapat mematahkan tulang dan tulang rawan kita. Pada tahapan yang lebih serius, rheumatoid arthritis juga dapat memicu masalah pada jaringan dan organ tubuh.

  • Sakit kepala tegang.
Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum terjadi dan sering dianggap sebagai sakit kepala biasa. Penderita biasanya merasakan nyeri secara terus-menerus pada kedua sisi kepala dan mungkin disertaigejala seperti:
  1. Terasa tekanan di belakang mata.
  2. Otot leher yang tegang.
Sakit kepala tegang dapat berlangsung selama 30 menit hingga beberapa hari. Kemunculannya juga berkala atau setiap hari. Jika mengalaminya setiap hari selama lebih dari 15 hari dalam sebulan, sakit kepala tegang Anda termasuk jenis kronis. Meski demikian, penyakit ini umumnya tidak menghambat penderitanya untuk beraktivitas seperti biasa.

  • Asam lambung.
Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES) hal ini dikarenakan kita sering minum dengan posisi berdiri. LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan makanan. Perawatan serius akan diperlukan jika gejala GERD muncul secara terus-menerus.

Wallahu a'lam bishowab.

Friday, January 5, 2018

Minum Kopi Untuk Ibadah

Qahwah atau kopi pertama kali ditemukan oleh seorang Waliyullah dari Yaman bernama As Syeikhul Kabir Ali bin Umar Asy-Syadzili RA.

Kemudian disebarkan ke berbagai tempat oleh Quthubul Ma’la Al Imam Abu Bakar Al Aydrus RA.

Al Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani RA menyatakan bahwa menggunakan sesuatu yang mubah untuk kebaikan akan bernilai pahala.

Para Sufi dan Ulama sangat menggemari kopi karena dapat memberikan semangat mereka dalam menimba ilmu dan beribadah malam.

As Sayyidil A’dzam Imam Abu Bakar bin Abdullah Al-Attas (Guru Futuh Al Imam Ali Shohibul Maulid RA) biasa meminum kopi seusai melaksanakan Qiyamul Lail, sebelumnya Beliau RA akan membaca Fatihah sebanyak tiga kali.
  • Pertama khusus dihadiahkan untuk As Sayyidina Faqih Muqaddam.
  • Kedua untuk As Syeikh Ali bin Umar As-Syadzili RA selaku penemu kopi dan maha gurunya, Quthub Akbar Al Imam Abu Hasan Asy-Syadzili Al-Hasani RA.
  • Ketiga untuk semua kaum Muslimin.

Demikian pula As Sayyidina Syeikh Abu Bakar bin Salim RA, beliau amat menyenangi kopi dan terbiasa duduk dari fajar hingga menjelang Dzuhur dengan suguhan kopi di depannya.
Beliau RA juga banyak menyarankan orang untuk meminum kopi dengan niat menyegarkan stamina tubuh kala beribadah kepada ALLAH SWT.

Minuman yang paling populer di rumah dan majelis-majelis As Syeikh Abu Bakar bin Salim RA adalah kopi.

(Dinukil dari buku “Sosok Kebanggaan Umat, As Syeikh Abu Bakar bin Salim RA, Manaqib dan Sejarah Hidupnya” terjemah kitab “Fakhrul Mawalim Fi Manaqib Syeikh Abi Bakar bin Salim” Hal. 119-121 karya As Sayyid Mustafa bin Aydrus Al-Khirid RA).

Wallahu a'lam bishowab.

Tuesday, January 2, 2018

Iblis Dan Seruannya

Ibnul Qayyim telah menguraikan secara gamblang, bagaimana iblis dan bala tentaranya menguasai manusia. Mudah-mudahan kita menjadi yakin bahwa sesungguhnya kita ini dalam keadaan perang yang sangat sengit yang terus berkecamuk dengan musuh Allah: iblis laknatullah beserta bala tentaranya.

Iblis menyeru kepada para bala tentaranya dan berkata:

“Masuklah kalian ke dalamnya (hati) sesuai dengan nafsu dan selera yang ia mau. Lihatlah tempat-tempat kesukaannya, dan apakah yang ia sukai. Siapkan dan iming-imingilah dengan barang kesukaannya.

Gambarkanlah bentuk kekasihnya, baik pada saat terjaga maupun tertidur. Jika ia sudah mulai tenang dan diam serta tidak menyerang lagi, lemparkanlah kail dan pengait syahwat serta sederet impian semu, kemudian seretlah ia ke hadapan kalian.

Jika hati telah terperdaya dan mengikuti keinginan kalian, berarti kalian telah menguasai gerbang-gerbang hati, yaitu mata, telinga, lidah, mulut, tangan, dan kaki.

Kuasailah gerbang-gerbang itu dengan penuh kewaspadaan. Selama kalian bias masuk dari pintu nafsu ke dalam hati, ia menjadi tiada berdaya, alias tertawan, dan penuh luka. Jangan sampai kalian biarkan ada tentara lain yang merebut gerbang itu dari tangan kalian. Karena mereka akan mengusir kalian dari singgasana hati.

Jika kalian menang, bersungguh-sungguhlah untuk melemahkan dan memperdayakan serangan tentara-tentara hati supaya mereka tidak bias merebut kembali hati yang sudah kita kuasai. Tentara-tentara itu tidak akan berpengaruh apa-apa jika kita sudah memperlemahnya.

Jika kalian sudah menguasai gerbang-gerbang ini, cegahlah gerbang penglihatannya agar tidak digunakan untuk berpikir. Jadikanlah pandangannya itu hanya untuk menonton hiburan atau berhura-hura dan menganggap baik segala hal yang buruk.

Jika pandangannya tetap digunakan untuk berpikir, rusaklah dia dengan pandangan yang melalaikan, syahwat, dan menganggap baik segala hal. Senjata semacam itulah yang paling dekat, paling mengena, dan paling disenangi oleh nafsu.

Kuasailah mata, karena dari situlah kalian akan mencapai tujuan kalian. Sesungguhnya, tidak ada sesuatu paling jitu yang digunakan untuk merusak bani Adam melebihi penglihatannya.

Karena melalui penglihatan mata, aku taburkan benih-benih syahwat dalam hatinya. Aku sirami ia dengan air angan-angan, dan aku terus meniupkan angan-angan dan janji-janji sampai akarnya menjadi kuat, kemudian aku kendalikan ia dengan kendali syahwat hingga benar-benar terlepas dari segala penjagaan dan pengawasan tentara-tentara hati".

Oleh karena itu, jangan kalian remehkan gerbang hati yang bernama mata ini, hancurkan ia sekuat tenaga kalian, dan jadikan pandangan mata masalah yang remeh baginya. Katakana kepadanya, “seberapa besarkah pengaruh pandangan matamu yang sanggup menyerumu untuk bertasbih kepada Al-Khaliq?”

Selanjutnya, kuasai dan jagalah telinganya agar tidak dimasuki hal-hal yang akan merusak usaha kalian, bekerja keraslah agar tiada hal yang masuk ke dalam telinga, kecuali yang batil. Sesuatu yang batil itu ringan bagi nafsu bani Adam, sangat mengasyikkan dan menyenangkannya.

Pilihlah kata-kata yang indah dan manis untuk telinga dan pikirannya. Campurlah dengan hal yang disukai nafsunya. Pancinglah dengan kata-kata, jika ia mendengarkannya, bisikkanlah kata-kata yang lain. Setiap kali kalian dapati telinga itu menganggap baik segala yang kalian sampaikan, bakarlah nafsunya dengan menyebut kata-kata itu.

Jangan sekali-kali kalian membiarkan apapun memasuki gerbang ini, baik berupa firman Allah, sabda Rasulullah SAW, maupun nasehat orang-orang bijak. Jika kalian kalah sehingga kata-kata baik itu berhasil memasuki telinga, halangilah ia dari memahami dan memikirkan secara mendalam semua kata-kata hikmah itu atau menerimanya sebagai nasehat; baik dengan memasukkan pemahaman yang berlawanan maupun dengan mengangkat dan membesar-besarkannya".

Kemudian Iblis melanjutkan:

“Bergeraklah kalian ke celah lisan, ia adalah celah terbesar. Lisan adalah celah pertama menuju sang raja. Ajaklah ia untuk membicarakan hal-hal yang merusak dan tidak bermanfaat baginya. Cegahlah agar ia tidak mengucapkan sesuatu yang bermanfaat, seperti zikir kepada Allah, beristighfar kepada-Nya, membaca Kitab-Nya, menasehati hamba-Nya, dan berbicara dengan ilmu yang bermanfaat. Misi kalian dalam menduduki celah ini ada dua hal, tidak penting misa mana dari keduanya yang berhasil kalian lakukan, karena keduanya sama:

Pertama: Berbicara hal yang batil. Orang yang berbicara dengan hal-hal yang batil adalah saudara kalian, ia adalah tentara dan pembantu terhebat kalian.

Kedua: Diam dan tutup mulut dengan kebenaran yang ia ketahui. Orang seperti ini juga saudara kalian. Bedanya yang ini bisu, sedang saudara kalian yang pertama bisa berbicara. Boleh jadi yang kedua ini lebih bermanfaat untuk kalian.”

Iblispun melanjutkan:

“Ketahuilah, pembantu terbesar kalian untuk menduduki celah ini adalah berdamai dengan nafsu ammarah. Kalian harus saling membantu dengan nafsu ini. Dukunglah ia untuk melawan nafsu muthmainnah, berusaha keraslah untuk mematahkan dan memudarkan kekuatannya. Tiada jalan kecuali dengan memotong pasokan untuknya.

Wahai bala tentaraku! Manfaatkanlah dua tentara agung yang kalian tidak akan kalah dengan keberadaan keduanya.

Pertama: Tentara yang bernama ghaflah (lalai). Buatlah hati bani Adam melalaikan Allah dan alam akhirat dengan segala cara. Ia merupakan sesuatu yang paling bisa membuat tujuan kalian tercapai. Jika hati sudah lalai dari Allah, dengan mudah kalian akan mengalahkannya.

Kedua: Tentara yang bernama syahwat. Hiasilah syahwat di bani Adam dan percantiklah ia di mata mereka. Gempurlah ia dengan kedua tentara ini.”

Kita sebagai orang yang beriman, hanya akan meminta pertolongan pada Allah SWT semata.dan berdo’a agar terhindar dari godaan atau gangguan Setan (Syetan) yang terkutuk.Semoga dengan memanjatkan doa kepada Allah Swt kita senantiasa di bawah perlindungan-Nya, amin ya robbal alamin.

Wallahu A'lam Bishowab