Monday, August 10, 2015

Kisah Malaikat Muqorobbin & Nabi Muhamad.

Allah  سبحانه و تعالى  Berfirman:
“Mereka selalu bertasbih pada malam dan siang hari tiada henti-hentinya.” (QS.Al Anbiya [21]: 20).

Dalam sebuah hadist Qudsi diriwayatkan ketika Nabi Muhamad    sedang melakukan perjalanan Isra Mi'raj, tiba-tiba datanglah sesosok malaikat yang langsung jatuh tersungkur di hadapan Nabi Muhamad  . Bentuknyapun sangat tak biasa, berbeda dengan kebanyakan malaikat-malaikat lainnya dan bulu-bulunya itupun telah berguguran.


Nabi Muhamad    terkejut dan bertanya kepada Jibril   عليه السلام:
“Duhai Jibril siapakah malaikat ini?”

Jibril   عليه السلام menjawab:
“Dia adalah malaikat  yang termasuk dalam golongan malaikat muqorrobin”.
“Malaikat muqorrobin merupakan golongan malaikat yang sangat dekat dengan Allah SWT".

Nabi Muhamad   lalu  bertanya kembali:
“ Lalu apa yang telah terjadi dengannya?”

Jibril   عليه السلام  pun terdiam sejenak lalu menjawab:
“Bahwa pada suatu waktu malaikat yang termasuk golongan malaikat muqorrobin itu telah di utus oleh Allah  سبحانه و تعالى untuk menghancurkan suatu kaum yang durhaka terhadap Allah  سبحانه و تعالى , namun ia menolaknya.  Ia tak kuasa melakukannya. Ia merasa iba dan  kasihan kepada mereka. Karena diantara mereka ada anak anak kecil dan kaum wanita yang tak berdaya. Sambil menangis  dia pun berkata:“ Ya Robb,  ma'afkan dan ampunillah  aku karena aku tak sanggup untuk melakukannya.”

Mendengar penolakan darinya itu  membuat  Allah  سبحانه و تعالى  murka hal itu berlangsung hingga empat ribu tahun lamanya. Keadaanya sangat  menyedihkan, seperti itulah di saksikan olehmu ya Muhamad.

Nabi Muhamad ﷺ merasa iba telah  mendengarnya lalu bertanya:
“Apakah tak ada pintu taubat baginya?’

Jibril   عليه السلام menjawab:
“Tentu ada  Ya Muhamad,  ketahuilah Allah  سبحانه و تعالى  yang maha pengasih lagi maha penyayang telah mewahyukan kepadaku bahwa tobatnya akan di terima jika ia menyampaikan shalawat untukmu sebanyak sepuluh kali”.

Malaikat itupun berselawat untuk Nabi Muhamad  sebanyak  10 kali. Tidak lama kemudian, malaikat itu kembali utuh seperti sedia kala sebelum ia di murkai Allah  سبحانه و تعالى .

"Dia di karuniai 70 ribu wajah oleh Allah  سبحانه و تعالى pada setiap dapat wajah nya terdapat 70 ribu mulut pada setiap mulutnya terdapat 70 ribu lisan dan lisan-lisan itu bertasbih pada Allah sebanyak 70 ribu X".

Tidak hanya itu dari tasbih-tasbih yang di lantunkan oleh lisannya terciptalah malaikat dan malaikat lainnya. Malaikat dan malaikat itu akan memohonkan ampun kepada Allah  سبحانه و تعالى  untuk orang orang yang bershalawat kepada Nabi Muhamad  .

Nabi Muhamad  bersabda:
"Setiap muslim  yang tidak mampu untuk bersedekah maka dianjurkan untu membaca shalawat, sebab yang demikian itumenjadi sedekah baginya". (HR.Abu Daud, At tirmidzi, An nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Hiban dan Al Hakim)

“Bershalawatlah kamu untukku, karena membaca shalawat untukku bisa mengahapus dosamu dan bisa membersihkan pribadimu”. (HR. lbnu Majah).
“Hiasilah tempat-tempat pertemuanmu dengan bacaan shalawat untukku, karena sesungguhnya bacaan shalwat untukku itu menjadi cahaya bagimu pada hari kiamat”. (HR. Ad-Dailami).

“Setiap do’a adalah terhalang, sehingga dimulai dengan memuji kepada Allah dan bershalawat kepada Nabi , kemudian baru berdo'a, maka akan dikabulkan baginya do’anya itu”. (HR. Nasa’i).

Wallahu A'lam Bishowab.

No comments: