Friday, November 29, 2019

Keutamaan Kaum Quraisy

Menurut https://id.wikipedia.org/ Suku Quraisy (bahasa Arab: قريش‎ الأمة​) adalah suku bangsa Arab keturunan Ibrahim, yang menetap di kota Mekkah dan daerah sekitarnya. Klan-klan yang menetap di tengah kota disebut 'Quraisy Lembah' (Quraisy al-Batha), sementara yang menetap di daerah sekeliling kota disebut 'Quraisy Pinggiran' (Quraisy az-Zawahir).

Penamaan Quraisy berasal dari nama lain Fihr yang merupakan leluhur Nabi Muhammad, nabi dan rasul utama agama Islam. Di mana Fihr kemudian menurunkan sampai Qushay bin Kilab. Silsilah lengkapnya adalah sebagai berikut, Muhammad bin Abdullah bin 'Abd al-Muththalib bin Hâsyim bin 'Abd al-Manâf bin Qushay bin Kilab bin Murra bin Kaa'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy (Fihr) bin Malik bin Nazar bin Kinanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mazar bin Nazar bin Ma'ad bin Adnan bin Ismail bin Ibrahim.


Keutamaaan Kaum Quraisy lainnya adalah Sebagai berikut:

  • Berada di jazirah arab, yang merupakan bangsa terbaik.

Di dalam kitab Nawadir al-Usul dari Ja'far al-Shodiq bin Muhammad al-Baqir dari ayahnya ( Ali Zainal Abidin ), berkata :

Rasulullah ﷺ bersabda :

" Malaikat Jibril mendatangiku seraya berkata :


يا محمد ان الله عز و جل بعثني فطفت شرق الأرض و غربها و سهلها و جبلها فلم أجد حيا خيرا من العرب


"Ya Muhammad, sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla mengutusku lalu aku menjelajahi bumi bagian timur dan baratnya, dataran rendah dan pegunungannya, maka aku tidak mendapati satu bangsa yang lebih baik daripada bangsa_Arab".
  • Yang menetapkan Tanah Haram di sekitar Baitullah.
Ketika kaum Quraisy berkuasa, mereka menetapkan bahwa tanah di sekitar Baitullah adalah Tanah Haram yang harus dihormati dan disucikan. Saking sucinya, haram diadakan peperangan di sana. Peraturan ini adalah wujud komitmen dan tanggung jawab Quraisy dalam menjaga Baitullah. Sehingga mereka juga aman dari kejahatan suku-suku di sekitar Mekah. Kehormatan suku Quraisy pun meningkat karena Mekah dan Ka’bah.

  • Dijadikan sebagai salah satu nama surah di Al-Qur'an.

Surah Al-Quraisy yang merupakan surah ke-106 dalam Al-Qur'an yang terdiri atas 4 ayat dan tergolong surah Makkiyah. 

  • Suka bepergian pada musim dingin dan musim panas. 

Kaum Quraisy  memiliki kebiasaan unik Sebagaimana firman Allah SWT:

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ

"Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas".(Q.S Al-Quraisy: 1-2).


  • Kaum terbaik di Jazirah arab.

Di dalam kitab Nawadir al-Usul dari Ja'far al-Shodiq bin Muhammad al-Baqir dari ayahnya ( Ali Zainal Abidin ), berkata :

ثم أمرني فطفت في كنانة فلم أجد حيا خيرا من بني قريش

"Kemudian Allah memerintahkan aku, lalu aku menjelajahi didalam suku Kinanah, maka aku tidak mendapati ( sub ) suku yang lebih baik daripada ( sub ) suku Quraisy". 


  • Merupakan kaum pemimpin .
Dalam riwayat lain Rasulullah ﷺ bersabda :

اْلأَءِمَّةُ مِنْ قُرَيْشٍ اِنْ لَهُمْ عَلَيْكُمْ حَقًّا وَلَكُمْ عَلَيْهِمْ حَقًّا مِثْلَ ذَالِكَ مَا اِنْ اسْتُرْحِمُوْا فَرَحِمُوْا وَاِنْ عَاهَدُوْا وَفَوْا وَاِنْ حَكَمُوْا عَدَلُوْا فَمَنْ لَمْ يَفْعَلْ ذَالِكَ مِنْهُمْ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَالْمَلَاءِكَةِ وَالنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ

“Pemimpin-pemimpin itu dari suku Quraisy. Mereka memiliki hak atas kalian dan kalian juga memiliki hak atas mereka. Jika mereka diminta untuk mengayomi, mereka bisa mengayomi. Jika mereka membuat kontrak mereka pasti akan melaksanakan. Barangsiapa yang tidak seperti itu maka ia akan dilaknat Allah, malaikat dan semua manusia.” (HR. Ahmad Thabrani.).


Dalam riwayat lain dari Jabir bin Samurah yang  mendengar bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: 

يَكُوْ نُ اثْنَا عَشَرَ اَمِيْرًا فَقَالَ كَلِمَةً لَمْ اَسْمَعْهَا فَقَالَ اَبِى اِنَّهُ قَالَ كُلُّهُمْ مِنْ قُرَ يْشٍ

"Akan ada 12 orang amir’. Maka dia mengatakan suatu kalimat yang saya tidak mendengarnya ! Maka berkatalah ayahku: Sesungguhnya Nabi telah mengatakan, “Semua mereka dari golongan Quraisy”(HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain dari Anas RA, Rasulullah ﷺ bersabda;
"Para imam (pemimpin) itu dari Quraisy. Jika mereka memerintah, mereka adil. Jika berjanji, mereka memenuhinya, dan jika mereka diminta belas kasihan, mereka akan berbelas kasih. Siapa saja di antara mereka yang tidak berbuat demikian, maka dia akan mendapatkan laknat Allah, laknat para malaikat, dan laknat seluruh manusia. Tidak dapat diterima taubat dari mereka dan tidak diterima pula tebusan (azab) dari mereka." (HR. BUkhari dalam Al-Anbiya', Abu Daud, dan Imam Ahmad).

  • Keturunan dari Nabi Ibrahim.
Dalam suatu riwayat  Rasulullah ﷺ bersabda :

"Sesungguhnya Allah telah memilih Ismail menjadi anak Ibrahim dan Dia telah memilih keturunan Kinanah menjadi keturunan Ismail dan Dia telah memilih Quraisy dari keturunan Kinanah dan Dia telah memilih Hasyim dari Quraisy, dan Dia telah memilih aku dari keturunan Hasyim." (HR At-Turmudzi dari Watsilah bin al-Asqa).

Itulah sebagian dari keutamaan kaum Quraisy. kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Wallahu alam bishowab.

No comments: