Thursday, November 28, 2019

Keutamaan Bangsa Arab



Di dalam kitab Nawadir al-Usul  dari Ja'far al-Shodiq bin Muhammad al-Baqir dari ayahnya ( Ali Zainal Abidin ), berkata :

Rasulullah ﷺ bersabda :

" Malaikat Jibril mendatangiku seraya berkata : 

يا محمد ان الله عز و جل بعثني فطفت شرق الأرض و غربها و سهلها و جبلها فلم أجد حيا خيرا من العرب

"Ya Muhammad, sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla mengutusku lalu aku menjelajahi bumi bagian timur dan baratnya, dataran rendah dan pegunungannya, maka aku tidak mendapati satu bangsa yang lebih baik daripada #bangsa_Arab".

ثم أمرني فطفت في العرب فلم أجد حيا خيرا من مضر

"Kemudian Allah memerintahkan aku, lalu aku menjelajahi didalam #bangsa_Arab, maka aku tidak mendapati qabilah yang lebih baik daripada qabilah Mudhor".

ثم أمرني فطفت في مضر فلم أجد حيا خيرا من كنانة 

"Kemudian Allah memerintahkan aku, lalu aku menjelajahi didalam qabilah Mudhor, maka aku tidak mendapati suku yang lebih baik daripada suku Kinanah".

ثم أمرني فطفت في كنانة فلم أجد حيا خيرا من بني قريش

"Kemudian Allah memerintahkan aku, lalu aku menjelajahi didalam suku Kinanah, maka aku tidak mendapati ( sub ) suku yang lebih baik daripada ( sub ) suku Quraisy".

ثم أمرني فطفت في قريش فلم أجد حيا خيرا من بني هاشم 

"Kemudian Allah memerintahkan aku, lalu aku mencari di Quraisy, maka aku tidak mendapati bani yang lebih baik daripada bani Hasyim".

ثم أمرني ان اختار من أنفسهم فلم أجد فيهم نفسا خيرا من نفسك

"Kemudian Allah memerintahkan aku menyeleksi diantara kalangan bani Hasyim, maka aku tidak mendapati pribadi seseorang diantara mereka yang lebih baik pribadinya daripada kamu ( yakni Rasulullah ﷺ )".

Dikutip dari kitab :

Al-Qoul al-Fashl Fima Li Bani Hasyim Wa Quraisy Wa al-Arab Min al-Fadhli Karya al-Habib Alwi bin Tahir al-Haddad Mufti Johor Hal. 69.

Wallahu Alam bishowab.

No comments: