Monday, August 13, 2018

Pahala Membaca Shalawat

Firman Allah SWT dalam al-Quran:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya, bershalawat atas Nabi, wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab 56).

Lalu apa fadhilahnya membaca shalawat kepada junjungan kita Rasulullah 

Ada beberapa riwayat yang datang dari hadist Rasulullah , Atsar para sahabat RA dan pengalaman beberapa ulama yang mengisyaratkan imbalan bagi kita yang mau bershalawat.

Salah satunya adalah riwayat yang disadur dari kitab Al-Mustadrah  yang ditulis oleh Syeikh An-Nuri, jilid 5: 355, hadist ke 72.  dikisahkan bahwa:

Disaat Rasulullah tiba di langit di malam Isra’ Mi'raj,  Rasulullah  melihat ada satu malaikat yang memiliki 1000 tangan dan di setiap tangan malaikat itu terdapat 1000 jari.  Rasulullah yang melihatnyapun menghitung jarinya satu persatu. Rasulullah ﷺ lalu bertanya kepada Jibril AS, yang mendampingnya dan berkata:
"Siapakah gerangan malaikat itu, dan apa tugasnya?.".


Jibril AS lalu segera menjawabnya dan  berkata:
"Sesungguhnya dia adalah malaikat yang diberi tugas untuk menghitung tetesan air hujan yang turun dari langit ke bumi".


 Rasulullah lalu bertanya kepada malaikat tadi:
"Apakah engkau tahu berapa bilangan tetesan air hujan yang turun dari langit ke bumi sejak diciptakan Adam Alaihis Salam ?".


Malaikat itupun berkata:
"Duhai Nabi Allah ﷺ  , Demi yang telah mengutusmu dengan hak (kebenaran), sesungguhnya aku mengetahui semua  jumlah tetesan air hujan yang turun dari langit ke bumi  dari mulai diciptakan Adam Alaihis Salam sampai sekarang ini,  begitu pula aku mengetahui jumlah tetetanyang turun ke laut, ke darat, ke hutan rimba,  ke gunung-gunung, ke lembah-lembah, ke sungai-sungai,  ke sawah-sawah dan ke tempat yang tidak diketahui manusia".


Mendengar jawaban dari malaikat tadi, Rasulullah ﷺ  pun sangat takjub dan bangga atas kecerdasannya dalam menghitung tetesan air hujan.

Kemudian malaikat tadi berkata kepada beliau,
"Duhai Nabi Allah ﷺ , Walaupun aku memiliki seribu tangan dan sejuta jari dan diberikan kepandaian dan keulungan untuk menghitung tetesan air hujan yang turun dari langit ke bumi, tapi aku memiliki kekurangan dan kelemahan".


Rasulullah  pun bertanya:
"Apakah yang menjadi kekurangan dan kelemahanmu?".


Malaikat itupun menjawab:
"Duhai  Nabi Allah ﷺ Ketahuilah jika Kekurangan dan kelemahanku adalah jika umatmu berkumpul di satu tempat, mereka menyebut namamu lalu BERSHALAWAT atasmu, pada saat itu aku tidak bisa menghitung berapa banyaknya pahala yang diberikan  Allah SWT kepada mereka atas shalawat yang mereka ucapkan atas dirimu".

Itulah salah satu fadhilah membaca shalawat kepada junjungan kita Rasulullah ﷺ yang akan diganjar pahala yang tak terhitung jumlahnya Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ
“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali  maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya,  serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”   [HR an-Nasa’i , Ahmad , Ibnu Hibban, al-Hakim ].



اللهم صلّ على سيدنا محمد • وعلى أل سيدنا محمد

No comments: