Sunday, April 2, 2017

Nasehat Para Wali Allah

Jangan pernah meremehkan suatu kebaikan, karena bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunnahnya, bukan karena panjang shalat malamnya tapi bisa jadi karena akhlak baiknya dan sabarnya ia ketika musibah datang melanda.
Sebagaimana di dalam suatu Riwayat Rasulullah ﷺbersabda:



« لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ ».



“Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya)bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum".(HR. Muslim).

Al-Imam Ibnul Mubarak Rahimahullah berkata:


رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ



“Berapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya”.

Berikut ini ada beberapa Nasehat 
lainnya dari Para Wali Allah :

  • Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah ia, barangkali itulah hal yang menjadi penyebab ampunan bagimu di akherat.
  • Jika engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa menggangu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah segera, barangkali itulah hal yang menjadi penyebab dimudahkannya jalanmu menuju syurga.
  • Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka tangkaplah ia dan susulkanlah ia dengan induknya, semoga itulah hal yang menjadi penyebab Allah mengumpulkan dirimu dan keluargamu di surga.
  • Jika engkau melihat seorang tua yang membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia, barangkali itu mejadi sebab kelapangan rezekimu di dunia.
  • Jika engkau bukanlah seorang yang mengusai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah alif ba' ta' kepada anak2 mu, setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu..yang tak akan terputus pahalanya meski engkau berada di alam kuburmu.
  • Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti, setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu..
Hakekatnya dari untaian nasehat diatas aadalah kita harus selalu positif thingking, Insya Allah karena hal inilah yang akan membawa kita selalu dalam rahmat dan keridhoan-Nya.


Wallahu A'lam bishowab.

No comments: