Friday, May 6, 2016

Nasehat Nabi Muhamad SAW Kepada Fatimah Az-Zahra

Suatu hari Rasulullah SAW menemui Fatimah dan didapatinya Fatimah sedang menggiling syair (sejenis biji-bijian) dengan menggunakan sebuah penggilingan tangan dari batu sambil menangis.
Rasulullah lalu bertanya:
"Apa yang menyebabkan engkau menangis duhai Fatimah? semoga Allah tidak menyebabkan matamu menangis".

Fatimah berkata:
"Duhai ayahanda, pengilingan dan urusan-urusan rumah tanggalah yang menyebabkan aku menangis".
Lalu duduklah Rasulullah disisinya. Fatimah melanjutkan:
"Duhai Ayahanda, sudilah kiranya engkau meminta Ali (suami Fatimah) mencarikan aku seorang pembantu untuk menolong menggiling gandum dan mengerjakan pekerjan-pekerjaan dirumah?".

Mendengar perkataan dari fatimah maka bangunlah Rasulullah mendekati penggilingan itu. Lalu beliau mengambil syair dengan tangannya dan diletakkannya kedalam penggilingan tangan dan Seraya mengucapkan:
 "Bismillaahirrahmannirahiim".

Dengan  izin Allah SWt penggilingan itupun berputar dengan sendirinya, menggiling butiran-butiran biji tanpa henti-hentinya seraya sambil bertasbih kepada Allah.

Rasulullah berkata pada penggilingan tersebu:
"Berhentilah berputar dengan izin Allah".

Maka penggilingan itu berhenti, dengan izin Allah penggilinganpun berkata:
"Ya Rasulullah, demi Allah yg telah menjadikan Engkau dengan kebenaran sebagai Nabi dan Rasul-Nya, jika Engkau menyuruh hamba menggiling syair semuanya dari masyriq sampai maqhrib pun niscaya akn aku giling semua. Sesungguhnya aku telah mendengar Al Quran.

Allah SWt telah berfirman:
"Hai orang2 yg beriman, peliharalah dirimu & keluargamu dari api neraka yg bahan bakarnya adalah manusia & batu; penjaganya para malaikat yg kasar, yg keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah-Nya kepada mereka dan mereka mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya".

Maka hamba takut, ya Rasulullah kelak akan menjadi salah satu batu yang akan masuk neraka. Lalu Rasulullah berkata kepada batu penggilingan itu:
"Bergembiralah karena engkau salah satu batu mahligai Fatimah disurga". 

Maka bergembiralah ia mendengar berita dari Rasulullah. Lalu Rasulullah berpesan kepada fatimah:
"Jika Allah menghendaki ya Fatimah, niscaya penggilingan itu berputar sendiri untukmu. Akan tetapi Allah SWT menghendaki tulisan-Nya untukmu beberapa kebaikan  dan dihapuskan oleh Nya beberapa kesalahanmu dan diangkat Nya untukmu beberapa derajat".

Rasulullah lalu melanjutkan:
"Duhai Fatimah, perempuan mana yang menggiling tepung utk suami dan anak-anaknya, maka Allah menuliskan untuknya dari setiap biji gandum yg digilingnya satu kebaikan dan mengangkatnya satu derajat".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yang berkeringat menggiling gandum untuk suaminya, maka Allah SWT menjadikan antara dirinya dan neraka tujuh buah parit".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yang meminyaki rambut anak-anaknya dan menyisir rambut mereka dan mencuci pakaian mereka maka Allah akan mencatatkan baginya ganjaran pahala orang  yang memberi makan pada 1000 orang yang lapar dan  memberi pakaian pada 1000 orang yang  bertelanjang".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yang menghalangi hajad tetangganya, maka Allah akn menghalanginya dari meminum air telaga Kautsar pada hari kiamat".

"Duhai Fatimah, yg lebih utama dari itu semua ialah keridohan seorang suami terhadap istrinya, jikalau suamimu tidak ridho denganmu maka tidaklah akan aku doakan dirimu. Tidaklah engkau ketahui duhai Fatimah bahwa ridho suami itu daripada Allah SWT  dan kemarahannya itu dari kemarahan Allah".

"Duhai Fatimah, apabila seseorang perempuan telah mengandung janin dalam rahimnya maka beristighfarlah para malaikat untuknya dan Allah akn mencatatkan baginya tiap-tiap hari 1000 kebaikan dan menghapuskan drinya 1000 kejahatan. Apabila ia mulai sakit saat hendak melahirkan, maka Allah mencatatkan baginya pahala orang-orang yang berjihad dijalan Allah yakni perang sabil".

"Apabila ia melahirkan anak maka keluarlah ia dri dosa-dosanya seperti keadaannya pada hari ibunya melahirkannya dan apabila ia meninggal, tiadalah ia meninggalkan dunia ini dlm keadaan berdosa sedikitpun, dan akan didapatinya kuburnya menjadi sebuah taman dari taman-taman disurga, dan Allah akan mengkurniakannya pahala 1000 haji dan 1000 umrah serta beristighfar utuknya 1000 malaikat hingga kiamat".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yg melayani suaminya dalam sehari semalam dengan baik hati dan ikhlas serta niat yang benar, maka Allah akn mengampuni dosa-dosanya semua dan  Allah SWT akan memakaikannya satu persalinan pakaian yg hijau lalu dicatatkan untuknya dari setiap helai bulu, kemudian  rambut yang ada pada tubuhnya 1000 kebaikan dan dikurniakan Allah untuknya 1000 pahala haji dan umrah".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yang tersenyum dihadapan suaminya maka Allah SWT akan memandangnya dengan pandangan penuh rahmat".

"Duhai Fatimah, perempuan mana yang  menghamparkan hamparan untuk berbaring atau menghias rumah untuk suaminya dengan baik hati maka berserulah penyeru langit (malaikat)" Teruskanlah amalmu maka Allah SWT telah mengampunimu akan sesuatu yang  telah lalu dari dosamu dan sesuatu yang akan datang".

"Duhai Fatimah, perempuan yang  mau menyisirkan rambut dan jenggot suaminya lalu memotong kumisnya serta kukunya maka Allah SWT akan memberinya minum dari sungai-sungai surga dan Allah SWT akan meringankan sakaratul mautnya, dan akan didapatinya kuburannya menjadi sebuah taman dari taman-taman surga dan Allah SWT akan menyelamatkannya dari api neraka dan elamatlah ia melintasi titian Sirat".

Wallahu Alam Bishowab.

No comments: