Monday, March 25, 2013

Mosque


Sumber Pertama:
Kata Mosque diambil berasal dari bahasa Spanyol, yaituMosquito” (“Nyamuk”). Dinamakan seperti itu karena pada saat Perang Salib sedang berkobar, Raja Ferdinand berkata bahwa mereka yang akan berangkat bertugas untuk membasmi Muslim like mosquitoes” (“seperti nyamuk-nyamuk”). (Dimana lagi mereka dapat temukan muslim dalam jumlah yang cukup besar untuk dibasmi jika bukan di Masjid?).

Lalu  mereka kemudian menyebut “Masjid” sebagai “Mosque”.

Maka sangat dianjurkan bagi seorang muslim untuk menghindari penggunaan kata yang dengan jelas menunjukkan letupan kemarahan ke wajah umat islam. Mari kita sebarkan kepada saudara-saudara, kerabat dan juga teman-teman kita tentang sejarah dan etimologi (ilmu asal kata) tentang kata Mosque ini. Dan alangkah lebih bijak lagi  agar kita ganti kata itu dengan kata yang memiliki makna yang seharusnya yaitu : Masjid! Tempat untuk Bersujud!! Bukan Mosque: tempat pembasmian!

Sumber kedua:
Kata “Mosque” dalam bahasa Inggris yang artinya adalah “Masjid” berasal dari bahasa Spanyol “Mezquita” (Bukannya Mosquito) dari abad ke 15, 16 dan 17 untuk sebutan tempat beribadah kedua terbesar saat itu di Eropa, Mezquita de Córdoba peninggalan Umayyad dynasty of Cordoba.

Kata Mezquita pun merupakan serapan dari bahasa Arab : Masjid, kata tersebut dibawa oleh Umayyad Dynasty ke Cordoba ( Bukannya oleh Raja Ferdinand pada waktu perang salib ).

Kata Mezquita kemudian diserap oleh orang2 Eropa menjadi berbagai sebutan, antara lain: “Moseak”, “muskey”, “moschy”, dan “mos’keh”, yang pada akhirnya berangsur-angsur menjadi standard baku di Perancis dgn sebutan : “Mosquee” ( Inggris : “Mosque”).

Penjelasan untuk yang salah mengerti, ada sedikit info dari kamus :
Bhs Indonesia : Nyamuk
Bhs Inggris : Mosquito
Bhs Spanyol : (juga) Mosquito, cínife, zancudo
Bhs Indonesia/Arab : Masjid
Bhs Inggris : Mosque
Bhs Spanyol : Mezquita

Jadi dapat disimpulkan bahwa   asal – usul kata Mosque itu berasal dari bahasa Spanyol (Mosquito = nyamuk) Ini adalah pemahan yang salah. karena dalam tatanan bahasa Spanyol Mesjid itu adalah Mezquita yang terlafalkan mirip dgn bhs Arab “Masjid”, bukan “Mosquito”.

Wallahu A'lam Bishowab 

No comments: