Wednesday, December 4, 2019

Takwil Mimpi Ketemu Mantan


Label: Ilmu Hikmah

Mimpi adalah hal yang ghaib. Mimpi bisa saja memberikan kabar gembira atau peringatan untuk kita. Dalam mimpi ada sebuah pesan terdalam agar kita bisa bermawas diri dan lebih berhati-hati dalam menghadapi kehidupan didunia ini.

Para ulama sepakat jika kita boleh menceritakan mimpi dan meminta penakwilan darinya. Bahkan, menurut Markaz Al-Fatwa (4473), yang mengingkari mimpi hanyalah kaum mu'tazilah dan orang-orang atheis saja. Namun, dalam menafsirkan mimpi perlu diperhatikan rujukan yang jelas dengan sangkaan yang baik.

Ketika kita bermimpi bertemu dengan mantan kekasih ataupun orang yang special buat kita (biasanya kita akan bergandengan tangan dengan mantan kekasih), sebagian dari kita akan bertanya-tanya, apa sih maksud dari mimpi kita itu?. Tidak selamanya disaat mendapatkan mimpi yang berkaitan dengan mimpi bertemu dengan mantan kekasih itu tanda akan ada kebahagian untuk kita , biasanya tafsir mimpinya berkaitan dengan suasana hati kita.  dan alur cerita dalam mimpi ini membuat tafsir mimpinya itu juga berbeda, tergantung siapa yang kita temui didalam mimpi kita tersebut.
.
Pada tulisan kali ini kita hanya batasi mengenai mantan kekasih itu menjadi 2 macam mantan kekasih, yaitu:
  • Mantan Kekasih - Cinta sejati.
Cinta sejati yang paling sederhana adalah cinta yang simple dan sempurna.  Cinta sejati itu terjadi  apa adanya. Cinta sejati itu tidak ribet dan tidak pake syarat.  Sempurna di sini bukan hanya tentang kesempurnaan atau keutuhan saja,  akan tetapi justru lebih kepada konsep yang dapat menerima dengan ketulusan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasangan kita dalam menjalin hubungan yang serius.

Sebagai manusia normal, Kita pasti mengharapkan bahwa dia adalah cinta sejati kita yang akan mendampingi kita hingga akhir hayat. Itu impian realistis yang memang menjadi harapan banyak orang yang sedang menjalin hubungan cinta, mulai dari mereka yang masih berstatus pacaran, bahkan mereka yang sudah menikah sekalipun. Semuanya pun sebenarnya masih tetap sama, yaitu mengharapkan dan berusaha bahwa cinta yang dijalinnya bersama pasangan adalah cinta sejati. Akan tetapi jodoh itu ditangan tuhan. Sehingga banyak dari kita yang merasa kecewa karena tidak berjodoh dengan cinta sejati kita. 
  • Mantan Kekasih - Cinta Imitasi.
Cinta Imitasi adalah lawan dari Cinta sejati.  Cinta Imitasi adalah cinta yang penuh kepalsuan yang paling komplek karena selalu menuntut kesempurnaan. Cinta Imitasi itu  ribet dan banyak sekali  syaratnya.  Kesempurnaan di sini justru lebih kepada konsep yang tidak dapat menerima  kekurangan yang dimiliki oleh pasangan kita dalam menjalin hubungan yang serius. Karena cinta Imitasi akan terus menuntut kesempurnaan dengan segala syarat dan kelebihannya.

Sebagai manusia normal, Kita pasti mengharapkan jangan sampai Cinta Imitasi inilah yang akan mendampingi kita hingga akhir hayat. Itu impian realistis yang memang menjadi harapan banyak orang yang sedang menjalin hubungan cinta, mulai dari mereka yang masih berstatus pacaran, bahkan mereka yang sudah menikah sekalipun. Semuanya pun sebenarnya masih tetap sama, yaitu mengharapkan dan berusaha bahwa cinta yang dijalinnya bersama pasangan bukanlah cinta imitasi. Akan tetapi jodoh itu ditangan tuhan. Sehingga banyak dari kita yang merasa kecewa karena telah berjodoh dengan cinta imitasi. 

Penjelasan Takwilnya  mimpi bertemu dengan mantan kekasih  sebagai berikut;

Bertemu dengan Mantan Kekasih - Cinta sejati.
Karena mantan kekasih kita itu adalah cinta sejati kita dan biasanya hati kita akan merasakan kebahagian yang teramat sangat karena bisa berjumpa kembali walaupun hanya dalam mimpi, maka Insya Allah ini dapat dikategorikan mimpi yang baik. Takwilnya  adalah merupakan kesempurnaan hidup buat kita. Usaha yang kita telah lakukan selama ini akan mendatangkan kebahagiaan untuk kita, ini berkaitan dengan pekerjaan dan rejeki yang akan kita dapatkan dalam waktu dekat. 

Dalam sebuah riwayat dari Abi Sa’id Al-Khudzriy, Rasulullah ﷺ bersabda:
الرؤيا الصالحة جزء من ستة وأربعين جزءًا من النبوة
Artinya: “Mimpi yang baik adalah bagian dari 46 bagian kenabian”(HR. Bukhari )

Bertemu Mantan Kekasih - Cinta Imitasi.
Karena mantan kekasih kita itu adalah cinta imitasi maka penafsiran arti mimpinya akan kita bagi dua. Bertemu Mantan Kekasih - Cinta Imitasi itu tergantung suasana  hati kita ketika ketemu dengan sang mantan.  Maka penafsirannya sebagai berikut:
  1. Jika hati kita merasa tidak senang Bertemu dengan Mantan Kekasih kita ini.maka ini dapat dikategorikan mimpi yang kurang baik. Takwilnya  adalah merupakan musibah hidup buat kita. Usaha yang kita telah lakukan selama ini akan mendatangkan kerugian untuk kita (Biasanya karena ditipu oleh orang lain), ini berkaitan dengan pekerjaan dan rejeki yang akan kita dapatkan dalam waktu dekat. 
  2. Jika hati kita merasa  senang Bertemu dengan Mantan Kekasih kita ini  maka Insya Allah ini dapat dikategorikan mimpi yang baik. Takwilnya   adalah merupakan kebahagian  hidup buat kita. Kurang lebih sama takwilnya seperti mimpi  Bertemu dengan Mantan Kekasih - Cinta sejati.
Mengenai mimpi yang baik (yang kita sukai) dan mimpi buruk (yang tidak kita sukai), Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Said Al-Kudhdri, Rasulullah  bersabda: 
”Apabila salah seorang diantara kalian bermimpi melihat sesuatu yang ia sukai, ketahuliah bahwa yang demikian itu datangnya dari Allah SWT, maka hendaklah ia memuji Allah SWT atasnya dan hendaklah dia menceritakan mimpi tersebut. Dan apabila ia bermimpi melihat sesuatu yang tidak ia sukai, ketahuilah bahwa yang demikian itu datangnya dari setan, maka hendaklah ia meminta perlindungan dari kejahatan mimpi tersebut dan ia tidak boleh menceritakannya kepada orang lain, karena hal itu tidak membahayakannya” (HR. Al-Bukhari).

Demikian penjelasannya. Kurang lebih mohon dimaafkan.

Wallahu alam bishowab.

No comments: