Sunday, October 27, 2019

Puasa Hati.


Puasa hati adalah bagian dari puasa 4 unsur manusia. Puasa hati bertujuan untuk  membersihkan hati dari bentuk-bentuk  yang merusak hati, keyakinan bathil, mengikuti bisikan-bisikan jahat, niat-niat busuk, pikiran-pikiran keji, rasa permusuhan, kedengkian, hasut kepada teman, ‘ujub, dan sombong.

Dari An Nu’man bin Basyir RA, Rasulullah ﷺ bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari - Muslim).

Dari banyak macam bentuk amal yang kita jalani dan terlihat secara kasat mata, diperlukan adanya sikap hati yang sifatnya mendasari semua amal kita sehari-hari, yaitu sikap sadar diri untuk menahan diri atas perbuatan-perbuatan dan hasrat yang tidak baik dan tidak pantas. Salah satunya adalah niat yang bersumber dihati.

Dalam hadist lain dikatakan Dari Umar RA, bahwa ﷺ bersabda,:

الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim).

Dengan puasa hati senantiasa akan menjaga sikap hati kita, jangan sampai perilaku kita menunjukkan bahwa kita tidak memiliki etika atau adab dan berpekerti rendah. Tanpa adanya sikap hati tersebut bisa dikatakan bahwa apapun yang akan kita  lakukan ataupun amalkan, kita tidak sedang berlaku amal tersebut. Sesudah sikap-sikap hati itu menjadi bagian dari kepribadian seseorang barulah kemudian terwujud dengan sendirinya dalam amal kita yang kelihatan mata.

Dalam hadist lain Rasulullah  juga bersabda:

 ثَلاثٌ مُنَجِّيَاتٌ ، وثَلاثٌ مُهْلِكَاتٌ ، فَأَمَّا الْمُنَجِّيَاتُ : فَتَقْوَى اللهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلانِيَةِ ، وَالْقول بالحق فِي الرِّضَا والسخط ، وَالْقَصْدُ فِي 
الْغِنَى وَالْفَقْرِ . وأَمَّا الْمُهْلِكَاتُ : فَشُحٌّ مُطَاعٌ ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ 

"Ada tiga hal yang bisa menyelamatkan dan tiga hal yang bisa merusak. Yang menyelamatkan antara lain (1) takwa kepada Allah dalam sepi maupun ramai, (2) berkata benar (adil) dalam kondisi ridla maupun marah, dan (3) bersikap sederhana dalam keadaan kaya maupun miskin. Sedangkan yang merusak antara lain (1) bakhil yang kelewatan, (2) nafsu yang diikuti, dan (3) ujub terhadap diri sendiri." (HR. Baihaqi).

Puasa hati itu adalah :
1. Membersihkan hati dan batin dan menjaga hati yang lurus, tulus dan iklas.
2. Hidup sederhana, tidak tamak, tidak iri, tidak dengki, selalu bersyukur atas apa yang dimiliki.
3. Mengurangi makan dan tidur.
4. Tidak melulu mengejar kesenangan hidup.
5. Menjaga sikap eling lan waspada.

Hati kita ketika sedang berpuasa dipenuhi dengan ketaqwaan kepada Allah SWT dan kecintaan kepada sesama makhluk, sifat kelembutan, dan jauh dari perasangka buruk terhadap sesama. Insya Allah kita akan  mampu mengenal Tuhan kita dengan segala kemaha agungan-Nya.

Dalam hati kita terdapat cahaya yang menyirnakan kegelapan, cahaya risalah yang abadi, pancaran cahaya sifat-sifat Ilahiyah, sehingga hatinya bersih dari kesombongan. 

Hati kita berpuasa dari rasa ‘ujub, rasa bangga terhadap dirinya sendiri, yakni membayangkan diri kita sempurna, lebih sempurna dari orang lain. Mengenai bahaya yang diakibatkan dari perasaan ‘ujub.

Hati kita juga harus berpuasa dari rasa dengki, sebab perasaan dengki bisa menghancurkan semua perbuatan amal saleh, memadamkan cahaya kalbu. 

Dalam sebuah hadist lain, dari Aus bin Khauli RA bahwa Rasulullah pernah bersabda:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ تَوَاضَعَ لِلهِ رَفَعَهُ اللهُ وَمَنْ تَكَّبَرَ وَضَعَهُ اللهُ.

“Barang siapa yang tawadhu’ karena Allah, maka Allah akan mengangkat (derajat) nya (di dunia dan akhirat), dan Barang siapa yang sombong maka Allah akan merendahkannya”.(HR:Ibnu Mandah -Abu Nu’aim).


Wallahu Alam Bishowab

No comments: