Thursday, February 14, 2019

Silsilah Raden Saleh

Siapa yang tidak kenal Raden Saleh? Seorang pelukis masyhur Indonesia keturunan Arab dan seorang seniman "modern" pertama dari Indonesia yang lukisannya beraliran romantisme yang di abad ke-19 yang pada saat itu sedang booming di Eropa. Raden Saleh adalah seorang Ahlul Bayt yang secara umum diartikan sebagai keluarga Nabi Muhammad ﷺ. Selanjutnya dipahami sebagai itrah atau keturunan Nabi Muhammad  berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan beberapa imam lainnya, bahwa Rasulullah  bersabda: 

“Aku tinggalkan kamu dua perkara, jika kamu berpegang teguh kepada keduanya, maka kamu tidak akan sesat selamanya, yaitu kitab Allah (Alquran dan al-Sunnah) dan (itrah) keturunanku.”


Nama asli Raden Saleh adalah Sayyid Sholeh bin Husain bin Awud bin Yahya. Kakeknya Sayyid Awud bin Hassan bin Yahya ( dari sumber lain ada juga yang menyebutkan sebagai Sayyid Alwi bin Hassan bin Yahya), berasal dari Hadramaut yang datang ke Indonesia pada akhir abad 18.

Raden Saleh enggan memakai gelar nama Sayyid atau pun Habib. Karena Raden Saleh adalah orang yang rendah hati yang tidak ingin dipanggil Sayyid atau pun Habib karena rasanya belum layak untuk jadi teladan dan khawatir akan pujian juga. Seperti kebanyakan dari para Habaib dari marga bin yahya lainnya.

Raden Saleh  juga mempunyai beberapa saudara kandung  diantaranya adalah:

  • Sayyid Alwi Syarif Bustaman  bin Husain bin Awud bin Yahya atau yang biasa disebut dengan sebutan  Kyai Ageng Purworejo dimakamkan di Desa Kedung Pucang Kec. Bener Kab. Purworejo.
  • Sayyid Awud  bin Husain bin Awud bin Yahya. Atau yang biasa disebut dengan sebutan  Mbah Kyai Ardjowiryo alias  atau Ndoro Sayyid dimakamkan di Desa Ngalian.
  • Sayyid Ali Murtadho  bin Husain bin Awud bin Yahya.  Atau yang biasa disebut dengan sebutan Mbah Kyai Ngali yang   berjuang mengikuti jejak kakaknya yaitu Sayyid  Sayyid Awud  bin Husain bin Alwi bin Yahya. dimakamkan di Desa Ngalian bersebelahan dengan makamnya Sayyid Awud.
  • Syarifah Ruqayah  binti Husain bin Awud bin Yahya. adalah  istri dari Abdur Rahman bin ‘Abdullah bin Muhammad al-Habsy Jakarta bapak dari Habib ‘Ali bin ‘Abdur Rahman bin ‘Abdullah bin Muhammad al-Habsy Jakarta.

Berikut adalah silsilah dari Raden Saleh atau Sayyid Sholeh bin Husain bin Awud bin Yahya.
Sayyidina Muhammad  Rasulullah ﷺ.
Sayyidina Ali bin Abi Tholib Wasayyidatina Fatimah zahro batul
Sayyidina Husain Assibti
Sayyidina Zainal Abidin
Sayyidina Muhammad Al bagir
Sayyidina Ja’far Sodiq
Sayyidina Ali Al ‘uraidi
Sayyidina Muhammad Annaqib
Sayyidina Isa Annaqib
Sayyidina Akhmad Al Muhajir
Sayyidina ‘Ubaidillah
Sayyidina Alwi
Sayyidina Ali Kholi’ Qosam
Sayyidina Muhammad Shokhib Mirbat
Sayyidina Ali
Sayyidina Muhammad Faqihil Muqodam
Sayyidina Alwi
SayyidinaAli
Sayyidina Muhammad Mawla Dawlah
Sayyidina Alwi Annasik
Sayyidina Ali Al Nginaz
Sayyidina Hasan Al Akhmar Al Waro’
Sayyidina Yahya
Sayyidina Hassan
Sayyidina Muhammad
Sayyidina Idrus
Sayyidina Hassan
Sayyidina Awud
Sayyidina Hassan
Sayyidina Awud
Sayyidina Husain
Sayyidina Sholeh (Raden Saleh).

Wallahu Alam Bishowab.

No comments: