Saturday, March 3, 2018

Jangan Tinggalkan Shalat.

Dari Kalam Al Habib Muchsin Al Athas.

Bagaimana seseorang mampu tidur sedangkan dia meninggalkan sholat, tidak-kah dia takut kepada Allah SWT ???!

Tidak-kah dia takut bumi ditimpakan kepadanya (di tenggelamkan ke dalam bumi) ??!

Rasulullah ﷺ ketika sakit parah yang menuju ke-wafatannya. Rasulullah ﷺ, pingsan, maka ketika Rasulullah ﷺ telah sadar dari pingsan-nya, pertama kali yang Rasulullah ﷺ tanyakan adalah:

Rasulullah ﷺ bersabda :

" Apakah telah masuk waktu sholat ?".



Mereka para sahabat menjawab ; 

"Ya duhai Rasulullah ﷺ".


Rasulullah ﷺ bersabda:

"Berikan kepadaku air wudhu".


Maksudnya Rasulullah ﷺ meminta diambilkan air untuk berwudhu..

Rasulullah ﷺ lalu berwudhu dan sholat di atas tempat tidur tempat Rasulullah ﷺ wafat, ketika Rasulullah ﷺ telah selesai dari sholat,  Rasulullah ﷺ pingsan kembali dan Rasulullah ﷺ tidak meninggalkan sholat meski keadaan sakit parah.

Zaman sekarang ini, ketika umur masih muda, sebagian manusia justru mereka meninggalkan sholat, keadaan mereka ini amat sangat buruk.

Telah terjadi kejadian aneh, yang menakutkan, terjadi didaerah arab, seorang perempuan wafat, maka jenazahnyapun segera dikebumikan, yang mengurusinya untuk pemakamannya adalah saudara laki-lakinya.

Ketika dia tengah menguburnya, jatuh-lah darinya surat-surat penting kedalam kubur tersebut, setelah dia kembali kerumahnya, dia baru sadar kalau surat-surat pentingnya telah hilang, dia-pun mencari didalam rumahnya tapi dia tidak mendapatkan-nya.


Dikatakan kepada sang saudara tersebut bahwasannya surat-surat yang dia cari telah jatuh ke dalam kubur ketika tengah proses penguburan saudara perempuan-nya, maka dia-pun minta izin kepada pemerintah setempat untuk membongkar kuburan sang kakak, dia-pun bersama beberapa orang membongkar kuburan tersebut untuk mengambil surat-surat penting yang telah terjatuh kedalam kubur.

Ketika mereka mengangkat batu nisan kuburan & membongkar kuburan, dia-pun sang saudara lelaki tersebut masuk kedalam kubur, dia mendapatkan saudara perempuannya, pada anggota-anggota tubuh sujudnya telah terbakar seperti arang padahal dalam waktu yang singkat, dia sudah terbakar seperti yang dilihat sang saudara.

Sang saudara-pun menangis tersedu-sedu, dia takut cemas melihat keadaaan sang saudara perempuan, pulanglah dia kerumahnya & bertanya kepada ibunya ; apa yang telah dilaksanakan saudara perempuanku ???kabarkan kepadaku wahai ibuku !!

Karena sang saudara terus mendesak kepada ibunya, ibunya-pun berkata; dia, saudara perempuan-mu telah sering meninggalkan sholat!!!

Karena itu... lihatlah anak-anak-mu, lihatlah anak-anak mudamu,anak-anak perempuan,yang dewasa, yang kecil agar mereka selalu menjaga serta perhatian atas urusan sholat

Sholat adalah tiang agama

Sholat adalah cahaya & bukti kebaikan dihadapan-Nya.

Sholat adalah rohmat & keberkahan

Tergambar oleh kamu sekalian, rumah yang tidak disholati didalam-nya,berapakah kehilangan dari ini keberkahan-keberkahan

Tergambar oleh kamu sekalian, mereka yang tidak sholat sedangkan mereka tengah tinggal didalam rumah mereka atau tempat aktifitas mereka, mereka ini, keluar kemana-pun adalah tergolong manusia yang terlaknatkan

Walau-pun mereka tinggal didalam istana yang dipenuhi cahaya, akan tetapi terlaknatkan disisi Allah SWT.

Dan rumah yang digunakan sholat didalamnya, sholat yang sesuai syariat & rumah tersebut digunakan ibadah,rumah tersebut akan dipenuhi dengan berbagai keberkahan, kebaikan & berbagai cahaya dari sisi-Nya.

Karena ini, harus kita semua perhatian dengan urusan sholat.

Andai ada yang sakit dari kita, kita harus tetap sholat.

Andai ada yang tengah bepergian, dia tetap sholat.

Andai ada yang tengah sakit parah di atas tempat tidurnya, dia tetap sholat, tidak meninggalkan sholat.

Allah SWT berfirman:
"Mereka yang selalu meng-ingat Allah SWT baik dalam keadaan berdiri, duduk & ketika terbaring". (QS:Al-'Imroon;19).

Rasulullah ﷺ bersabda kepada As-Sayyidina 'Imron bin Husoin RA:

"Sholat-lah engkau dalam keadaan berdiri, jika engkau tidak mampu maka duduk, maka jika engaku masih tidak mampu maka dalam keadaan terbaring".


Wallahu a'lam bishowab.

No comments: