Thursday, February 1, 2018

Amalan Penangkal Lupa

Lupa merupakan salah satu tanda dari penyakit demensia. Namun, sifat pelupa tersebut menjadi sangat umum sehingga sulit dikenali sebagai indikasi demensia.

Demensia memiliki salah satu tanda khas yaitu pelupa karena adanya penurunan ingatan di otak. Saat kita menjadi pelupa, timbul kekhawatiran akan hadirnya gangguan memori pada otak.

Demensia terjadi saat adanya penurunan fungsi otak di area kognitif dan perilaku yang terjadi di usia tua. Biasanya demensia dimulai dengan kerusakan area kognitifnya yakni gangguan saat mengingat. Sehingga kita cenderung lupa mengingat akan hal yang sedetik lalu baru saja kita lakukan.

Untuk menangkalnya kita bisa  ikhtiarkan amalan yang telah diijzahkan Dari Al-A'llamah Sayyidunal Waalid Al-Ustadz Al-Habib Sholeh bin Habib Ahmad Al-Aydrus RA-Malang sebagai berikut:
Bacalah Sholawat:

أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمۡ وَبَارِكۡ عَلَی سَيِّدِنَا وَمَوۡلَانَا مُحَمَّدِِ النُّوۡرِ الۡمُذۡهِبِ لِلنِّسۡيَانِ بِنُوۡرِهِ فِيۡ كُلِّ لَمۡحَۃِِ وَنَفَسِِ عَدَدَ مَا وَسِعَهُ عِلۡمُ ﷲِ
Alloohumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadinin nuuril mudzhibi linnisyaani bi nuurihi fii kulli lamhatinn wanafasinn 'adadamaa wasi'ahu 'ilmullah.
Artinya :


"Ya Allah semoga rohmat ta'dzim, salam sejahtera dan keberkahan Engkau limpahkan kepada junjungan dan pemimpin kami Nabi Muhammad SAW yang merupakan sosok cahaya yang mencegah/melenyapkan sifat lupa dengan sebab cahayanya di setiap saat dan nafas (dengan) hitungan seluas ilmu Allah".


Keterangan:
  • Sholawat ini ijazahnya umum bagi siapapun saja boleh mengamalkannya dan boleh memberikan ijazah sholawat ini kepada siapapun saja yang dikehendaki.
  • Sholawat ini dibaca 7 kali di waktu pagi dan 7 kali diwaktu sore, serta kalau ada waktu luang dibaca kapanpun boleh.
Insya Allah bermanfaat untuk kita yang mau mengamalkannya.


Wallahu A'lam Bishowab

No comments: