Friday, November 3, 2017

Tuan Abdullah.

Dahulu ada sebuah Bioskop di kota Bangil, yang berada di sebelah selatan Jl. A. Yani atau lebih terkenal dengan nama daerah Panggung. Bioskop yang dimiliki oleh keluarga Mumtaz, yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan Bioskop "Dola Buthak". Bioskop ini telah mengalami jaman keemasan, di tahun 60-70'an dan tahun 80'an dan akhirnya karena bangkrut, maka oleh pemiliknya dialih fungsikan menjadi tempat perbelanjaan.

Ada satu kisah menarik mengenai Bioskop "Dola Buthak". Pemilik bioskop tersebut adalah Tuan Abdullah, seorang hamba Allah yang selalu di cap sebagai gembong maksiatlah. Macam-macam fitnah dan cemoohan yang telah ditujukan kepada Tuan Abdullah, itu semua disebabkan karena Tuan Abdullah adalah sebagai pemilik bioskop. Apakah ada yang salah dengan seorang yang memiliki bioskop?. Eh ternyata pada zaman dahulu jika ada orang yang nonton bioskop itu sudah termasuk perbuatan maksiat. 

Akan Tetapi Tuan Abdullah dikenal oleh masayarakat disekitar yang kebanyakan terdiri dari anak kecil dan fakir miskin sebagai seorang dermawan dan baik hati. Tuan Abdullah selalu saja memberikan uang dan permen setiap hari masayarakat disekitar. Dan yg paling update ternyata Tuan Abdullah adalah seorang anak yang sholeh yang sangat berbakti kepada ibunya, Tuan Abdullah tiap hari merawat dan juga menyuapi ibunya. Lalu kenapa banyak pemuka agama yang terkemuka di bangil yg waktu itu gembar gembor menghina beliau bahkan memfitnah sebagai tukang maksiat?. Akan tetapi ada juga sebagian banyak pemuka agama langit yang masih menghormati Tuan Abdullah. Mungkin haters Tuan Abdullah hanya iri dengan kesuksesannya sebagai pemilik bioskop dan hanyalah orang-orang yang selalu bersangka negatif. Ketika Tuan Abdullah dianggap orang kurang baik oleh sebgian masarakat bangil, maka Tuan Abdullah cuma dapat menerimanya dan hanya diam saja tidak merespon semua itu. 

Pada akhirnya Allah سبحانه و تعالى menunjukkan kuasanya ........tepat hari Jum'at setelah selesai adzan Jum'at dikumandangkan. ketika itu Tuan Abdullah mengerjakan sholat sunnah qobliyah jum'at ketika hendak bangun dari rokaat kedua, ruh beliau diambil Allah  سبحانه و تعالى. Tuan Abdullah terjatuh ketika akan berdiri diraka'at kedua.

Subhanallah......para Jamaah yang sholat dimasjid tersebut menyaksikan peristiwa itu. Tuan Abdullah. meninggal dalam masjid ketika sholat sunnah muakat dan sampai sekarang blm pernah terjadi lagi orangg yang meninggal didalam masjid selain Tuan Abdullah. Maka orang-orang yang telah meremehkan Tuan Abdullah. tentu terkejut bukan kepalang. 

Itulah kebesaran Allah سبحانه و تعالى melalui kuasanya ditunjukkan kepada hamba-hamba yang terpilih.

Jangan pernah menjudge orang hanya berdasarkan sampulnya saja. 

Wallahu A'lam Bishowab.
Sumber gambar; http://seputarbangil.blogspot.co.id

No comments: