Thursday, March 2, 2017

Umar Bin Khatab dan Burung Pipit.

Disadur dari Kitab Al Mawaidh Al Ushfuriyyah karya Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Al Ushfury dikisahkan bahwa pada suatu waktu, saat Umar Bin Khatab  رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه  sedang berjalan-jalan di kota Madinah. Umar Bin Khatab رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه melihat seorang anak kecil yang sedang mempermainkan seekor burung Pipit. Umar Bin Khatab رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه tiba-tiba merasa iba melihat si burung Pipit tersebut, lalu membelinya dan segera melepaskannya ke angkasa. 


Ketika Umar Bin Khatab  رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه wafat, salah seorang ulama terkenal bertemu beliau dalam mimpinya. 


Ulama tersebut lalu bertanya:

"Bagaimana kabar anda, duhai Amirul Mukminin?". 

Ulama tersebut lalu melanjutkan pertanyaannya:

"Apa yang telah dilakukan Allah atas dirimu?"

Umar Bin Khatab  رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه lalu menjawabnya dan berkata:
"Allah telah mengampuniku dan melewatkan segala dosaku".

Ulama tersebut lalu bertanya lagi dan berkata:
"Apa sebabnya? Apa semua itu karena kedermawananmu? Keadilanmu? Atau karena zuhudmu yang membuatmu acuh tak acuh terhadap dunia?".

Umar Bin Khatab رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه  hanya menggelengkan kepalanya saja. Lalu berkata:
"Ketika kalian menguburkanku dan menutupiku dengan tanah serta meninggalkanku sendiri, datang dua malaikat yang menakutkanku. Akalku hilang, gemetar sendi-sendi tulangku. Dua malaikat itu mengambilku dan mendudukkanku, hendak menanyaiku. Tapi tiba-tiba muncul suara tanpa sosok yang menghardik keduanya".


Lalu suara itu berkata:
"Tinggalkan hamba-Ku ini, jangan kalian takut-takuti. Aku menyayanginya dan segala dosanya telah Kuampuni, karena dia telah menyayangi seekor burung Pipit di dunia. Pahalanya, Kusayangi dia di akhiratnya" .

Subhanallah. Begitu indahnya ajaran agama Islam. Hanya dengan menyayangi hewan saja mendapatkan pahala yang begitu besar, bagaimana jika kita telah menyayangi sesama manusia?.

Wallahu A'lam Bishowab.

No comments: