Tuesday, March 7, 2017

Sujud Hati

Syaikh Abdullah Al-Jahaf pernah berkata:

Suatu waktu saat menghadapi caci-maki orang terhadap gurunya, Guru Mulia Habib Umar bin Hafidz pernah menasihatinya untuk tidak sibuk dengan hal /perkara yang dibuat oleh para haters. 

Habib Umar bin Hafidz berkata:
"Jaga hatimu untuk senantiasa bersujud kepada Allah سبحانه و تعالى. Apa yang akan mereka tulis, mereka katakan, mereka fitnahkan, tidak akan berkurang diri kita sesuatu pun karenanya, umur kita tidak akan berkurang karena mereka, mereka tidak kurangkan satu pun anugerah Allah سبحانه و تعالى kepada kita, biarkanlah, maafkan mereka, semoga Allah mengampuni mereka. Sibukkan hati kita dengan bersujud kepada Allah سبحانه و تعالى. Saat kita sujud, tak nampak apa-apa yang orang lain lakukan, entah itu baik, atau buruk, karena hanya Allah سبحانه و تعالى saja dihadapan kita".

Inilah sujud hati, ia tidak lah nampak secara lahiriah bersujud, melainkan tampaklah hanya hal-hal yang baik, sebab apa-apa saja yang baik itu berasal dari Allah سبحانه و تعالى, dan keburukan yang terjadi kepada kita, itu semua karena Allah سبحانه و تعالى. Bila hati kita sudah senantiasa bersujud kepada Allah سبحانه و تعالى , maka tidak ada lagi yang perlu dirisaukan, tidak akan bangun dari sujud itu hingga kita mati, Insyaa Allah. Semoga dengan sujudnya hati kita, Allah jaga hati kita untuk senantiasa bersujud hati itu kepada Allah سبحانه و تعالى dan Allah سبحانه و تعالى limpahkan diri kita dengan kebaikan-kebaikan.
Amiin Yaa Robbal Alaamiin.


Wallahu a'lam bishowab.

No comments: