Friday, April 15, 2016

Hasan Al Basri Quotes

  • Aku tahu hidup orang lain begitu nikmat, karena mereka hanya menutupi kekurangannya tanpa berkeluh kesah.
  • Aku tahu kehidupan teman-temanku tiada berduka dan bersedih. Karena teman-temanku hanyalah orang-orang yang pandai menutupinya dengan bersyukur.
  • Aku tahu hidup saudaraku terlihat tenang tanpa ujian. Karena saudaraku begitu menikmati  dan menghayati badai yang datang dalam kehidupannya.
  • Aku melihat hidup sahabatku begitu sempurna. Karena sahabatku bisa berbahagia dengan merasa cukup apa adanya.
  • Aku melihat hidup tetanggaku beruntung, karena tetanggaku cuma tunduk dan hanya bergantung kepada Allah Ta'ala.
  • Aku tahu setiap hari aku belajar untuk memahami dan mengamati setiap hidup orang yang aku temui. Ternyata aku yang kurang mensyukuri nikmat-Nya.
  • Aku tahu bahwa di belahan dunia yang lain masih banyak orang yang belum tentu seberuntung aku dengan apa yang aku miliki saat ini. karena Allahu Rabbi tak akan pernah mengurangi ketetapanNya. dan hanya aku lah yang telah mengkufuri nikmat-Nya.
  • Aku Tahu dan aku merasa tidak perlu iri hati dengan rezeki orang lain. karena hanya aku yang tidak tahu dimana rezekiku.
  • Aku tahu  rezekiku tahu dimana diriku..Dari lautan yang biru, bumi dan gunung. Karena  Allah Ta'ala telah memerintahkannya menuju kepada diriku.
  • Aku tahu Allah Ta'ala menjamin rezekiku, sejak aku masih dalam kandungan ibuku. Sungguhlah keliru jika menilai rezeki itu  buah karya dari tawakkal dan ikhtiar. 
  • Aku tahu sesungguhnya ikhtiar itu adalah ibadah, sedang rezeki itu urusan-Nya Dan melalaikan kebenaran demi menghawatirkan apa yang dijamin-Nya, adalah kekeliruan besarku.
  • Aku Tahu Manusia akan selalu membanting tulang, demi angka dan simpanan, yang mungkin esok akan ditinggal mati. Karena manusia lupa bahwa hakekat rezeki bukan apa yang tertulis dalam angka, tapi apa yang telah dinikmatinya.
  • Aku Tahu rezeki itu tak selalu terletak pada pekerjaanku, tetapi  Allah telah menaruh sekehendak-Nya. Seperti ketika bolak balik 7x di shafa dan marwa, tapi air zamzam justru muncul dari kaki sang bayi, Ismail a.s.
  • Aku tahu Ikhtiar itu perbuatan..Rezeki itu adalah kejutan.
  • Aku tahu tiap-tiap rezeki akan ditanya kelak. "Darimana dan digunakan untuk apa". Karenanya rezeki hanyalah "hak pakai", bukan "hak milik". Halalnya dihisab, Haramnya diazab. Karenanya aku tidak boleh merasa iri dengan rezeki orang lain. Bila aku iri pada rezeki orang, maka seharusnya aku juga iri pada takdir kematiannya....
  • Aku tahu rezeki ku tidak akan diambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang.
  • Aku tahu amal ku tidak akan dikerjakan orang lain, karena itulah aku sibuk beramal soleh. 
  • Aku tahu Allah  Ta’ala selalu memerhatikanku, karena itulah aku malu jika Allah melihat ku sedang dalam maksiat.
  • Dan aku tahu kematian itu sudah menunggu ku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuan ku dengan Allah.
Wallahu Bi Showab.

No comments: