Wednesday, March 9, 2016

Kenapa Sih Wanita Dianggap Kurang Akal?

Sering sekali perempuan itu mengeluh dan bertanya "Kenapa sih wanita itu dianggap kurang akal". Hal itu  berdasarkan hadist berikut:

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudriy  رضي الله ﺗﻌﺎﻟﯽٰ عنه  berkata: 

“Suatu ketika Rasulullah   keluar pada hari raya menuju ketempat shalat Id dan melewati sekelompok wanita. Beliau ﷺ bersabda: 
"Duhai kaum wanita bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya aku telah diperlihatkan bahwa kalian adalah mayoritas penghuni neraka".

Mereka lalu bertanya: 
"Mengapa wahai
Rasulullah?".

Rasulullah ﷺ  pun menjawab: 
"Kalian sering melaknat dan durhaka terhadap suami. Dan tidaklah aku menyaksikan orang yang memiliki kekurangan akal dan agama yang dapat menghilangkan akal kaum laki-laki yang setia daripada salah seorang diantara kalian". 

Mereka lalu bertanya:
"Apa yang dimaksud dengan kekurangan agama dan akal kami wahai Rasulullah?".

Rasulullah  menjawab:
"Bukankah kesaksian seorang wanita sama dengan separuh dari kesaksian seorang pria?’".

Mereka menjawab:
"Benar".

Rasulullah   berkata lagi: 
"Bukankah apabila wanita mengalami haidh maka dia tidak melakukan shalat dan puasa?’".

Mereka menjawab:
"Benar".

Beliau  ﷺ berkata:
"itulah (bukti) kekurangan agamanya".
(HR. Bukhari).

Mengenai  jawaban dari pertanyaan  mengenai wanita itu dianggap kurang akal  selain karena " kesaksian seorang perempuan itu sama dengan separuh dari kesaksian seorang laki-laki " maka salah satu alasannya  adalah sebagai berikut:

Al-Habib Abdullah Bin Ali Bin Soleh Al-Atthos (Kartini -Bekasi) pernah mengatakan:
"Dalam sebuah riwayat disebutkan Allah سبحانه و تعالى telah menciptakan akal sebanyak 1000 akal.
  • 999 akal telah Allah  سبحانه و تعالى anugerahkan kepada Rasulullah  
  • 9/10 dari 1 akal yang tersisa Allah   سبحانه و تعالى  anugerahkan kepada Para Al-Anbiya Wal Mursalin. 
  • 9/100 dari 1 akal yang tersisa Allah   سبحانه و تعالى anugerahkan kepada Laki-laki. 
  • Dan 1/100 dari 1 akal yang tersisa Allah   سبحانه و تعالى  anugerahkan kepada kaum wanita".
Insya Allah dengan adanya penjelasan dari riwayat diatas semakin jelas kenapa wanita itu dianggap kurang akal yang hanya diberikan 1/100.000 akal dari 1000 akal yang ada bandingkan dengan laki-laki yang hanya diberikan 9X lebih banyak dari akal perampuan (9/100.000 akal dari 1000 akal yang ada) dan bagaimana kemuliaan dari Rasulullah   yang dianugerahkan Allah 999 akal dari 1000 akal yang diciptakan. Semoga dengan memilki pemahaman yang benar mengenai hal ini tidak menyebabkan laki-laki untuk merendahkan perempuan, atau sebagai perempuan tidak perlu merasa rendah diri. karena sebagai laki-laki itu dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada perempuan dan memuliakannya, sebagai perempuan harus merasa terhormat dengan kebaikan dari laki-laki yang juga akan memuliakan perempuan.Dalam sebuah riwayat lain Rasulullah    bersabda:
“Berbuat baiklah pada para wanita. Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk. Yang namanya tulang rusuk, bagian atasnya itu bengkok. Jika engkau mencoba untuk meluruskannya (dengan kasar), engkau akan mematahkannya. Jika engkau membiarkannya, tetap saja tulang tersebut bengkok. Berbuat baiklah pada para wanita.” (HR. Bukhari -Muslim).

Wallahu Alam Bishowab.

No comments: