Wednesday, February 24, 2016

Basmallah dan Malaikat Zabaniah.


بِسْمِ اللهِ الرَحْمٰنِ الرَحِيْمِ

Kebanyakan dari kita sering menganggap Basmallah itu enteng, remeh dan bersikap acuh tak acuh terhadap basmallah. Bahkan sering kali dalam beraktivitas kita lewatkan tanpa mengawalinya dengan membaca basmalah. Entah itu ketika akan Makan, minum, keluar rumah, memulai pekerjaan-pekerjaan dan berbagai aktifitas lainnya tanpa mengucapkan basmalah. Jika diucapkannya pun seakan menjadi rutinitas saja tanpa memahami secara  mendalam akan maknanya.

Syekh Siroj ‘Arif Billah pernah mengatakan:
" Didalam kitab Ushulul Ma’rifat ini disebut juga sebagai kitab Ushulut Tauhid. Dan kitab ini terdiri dari beberapa bab/Fasal (pembagian). Dan disalah satu babnya menerangkan tentang Lafadz Basmillah,yaitu menerangkan tentang makna isi dari Bismillah dan menerangkan makna tiap-tiap huruf dari lafadz Basmillah. Karna sesungguhnya kalimat Bismillah merupakan awal dari memulainya semua perkara dan menjadi semua kunci perkara.Dan juga menjadi awal dari semua kitab, yaitu kitab Al-Qur'an dan kitab yang lainnya." 

Dalam Basmallah itu terdapat 19 huruf dan sama dengan jumlah Malaikat Zabaniah. Para Zumhur Ulama juga sepakat menyebutkan bahwa neraka itu memilki 19 pintu, dan setiap pintu ada penjaganya yaitu Malaikat Zabaniyah yang menjaga neraka dan dipimpin oleh yang dipimpin oleh Malaikat Malik AS.

Allah SWT berfirman:

“Aku memasukkannya ke dalam neraka Saqar. Tahukah kamu apakah neraka saqar itu? Saqar itu tidak akan meninggalkan dan tidak membiarkan, (neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).” (Al-Mudatstsir: 26-30).

Dalam  basmalah ini mengandung banyak sekali fadilahnya (keutaman-keutamaannya), salah satu diantaranya adalah untuk menyelamatkan kita dari Malaikat Zabaniyah yang menjaga neraka. Sebagai mana hadist Nabi Muhamad SAW:

Diriwayatkan dari Ibnu Ibnu Mas'ud RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barang siapa yang ingin agar Allah SWT menyelamatkan dia dari Malaikat Zabaniyah yang berjumlah 19 orang, maka hendaklah dia senantiasa membaca Bismillahirrahmanirrahim, niscaya Allah SWT buatkan untuknya, dari setiap satu huruf itu sebuah Surga".

Berkatalah sayyidina Ali Zainal 'Abidin bin Husein RA:

"Perbanyaklah kalian untuk membaca Basmalah, agar selamat dari 19 pintu neraka itu, dan 19 malaikat zabaniyah itu!" 

Begitupun juga dengan sayyidina Ja'far Sodieq bin Muhammad Al- Bagier bin Ali Zainal 'Abidin bin Husein pernahmengatakan:
" Perbanyaklah basmalah karena dengan memperbanyaknya kau akan mendapatkan surga dalam setiap hurufnya dan ketahuilah bahwa 19 malaikat Zabaniyah itu tidak berbuat terkecuali dengan basmalah kita " menyiksa hamba di neraka " bismillah...." lempar kedalam neraka, بِسْمِ اللهِ الرَحْمٰنِ الرَحِيْمِ (Bismillaahirrohmaanirrohiim) lempar, kalau kita sering menyebutnya justru itu kekuatan mereka, kekuatan mereka terdapat di dalam بِسْمِ اللهِ الرَحْمٰنِ الرَحِيْمِ (Bismillaahirrohmaanirrohiim) maka perbanyaklahبِسْمِ اللهِ الرَحْمٰنِ الرَحِيْمِ (Bismillaahirrohmaanirrohiim) yang mana dengan itu kita akan selamat dari 19 pintu neraka itu".

Setelah kita mengetahui salah satu dari fadilah (keutamaan-keutamaan) dari basmallah yang begitu besar yakni sebagai penyelamat kita dari Malaikat Zabaniyah yang menjaga neraka, apakah kita masih menganggap Basmallah itu enteng, remeh dan bersikap acuh tak acuh terhadap basmallah.

Mari kita berdoa kepada Allah SWT, kita mohon diberikan kekuatan agar  kita selalu istiqomah untuk dapat mengamalkannya. Aamiin Ya Robbal Alaamiin.

No comments: