Tuesday, April 7, 2015

Hutang Dijamin Lunas

Siapa yang tidak mengenal hutang. Dalam menghadapi persoalan hutang adalah suatu problematika yang bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bagi kebanyakan orang adalah perkara yang lebih banyak mudhorotnya atau susahnya ketimbang manfaatnya. Bahkan sebagian dari kita sering merasa pesimis dengan hutang-hutang kita, karena hutang-hutang itu membuat kita sangat tersudut, terpojok, dan tidak ada alternatif jalan keluar. Padahal sebagai seorang hamba kita seharusnya tetap ingat bahwa kita masih memiliki penolong yakni Allah SWT. Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan melalui campur tangan-Nya insya Allah akan menyelesaikan apapun persoalan kita selama kita yakin dengan pertolongan-Nya.

Apa yang kita butuhkan, bukanlah suatu kemustahalan bagi-Nya yang dapat memberikan jalan keluar untuk penyelesaian hutang-hutang kita dalam sekejap mata. Nabi Muhamad SAW sebagai seorang utusan-Nya mengajarkan suatu doa dan Insya Allah jika mengamalkannya kita dapat melunaskan hutang-hutang kita.
 

Dalam suatu Riwayat telah disebutkan:

Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA. berkata, “Suatu hari Rasulullah SAW masuk masjid, tiba-tiba beliau menjumpai seorang anshor yang bernama Abu Umamah RA. Rasulullah SAW, bertanya: 
"Ya Abu Umamah, mengapa engkau duduk-duduk di masjid di luar waktu shalat?"

Abu Umamah RA menjawab:
"Dikarenakan kegelisahan yang melanda hatiku akan hutang-hutangku, ya Rasulullah"

Rasulullah SAW bersabda:
"Bukanlah aku telah mengajarimu beberapa doa, yang bila engkau baca niscaya Allah akan mengusir rasa gelisah dari dirimu dan melunasi hutang-hutangmu?" 

Abu Umamah berkata:
"Betul, ya Rasulullah"

Rasulullah SAW bersabda:
 "Ketika pagi dan sore ucapkanlah : allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan ......"

Abu Umamah berkata:
"Kemudian aku melakukan perintah tadi, maka Allah telah mengusir rasa kegelisahan dari diriku dan melunasi hutang-hutangku.” (HR: Abu Dawud)

Dan doanya sebagai berikut:


                                                 اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ
                                 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْن
                               وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ      “ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HADZANI, WA A’UDZU BIKA MINAL AJDZI WAL KASALI, WA’A UDZU BIKA MINAL JUBNI WAL BUKHLI, WA A’UDZU BIKA MIN GALABATIDDAINI WAQAHRIRRIJALI”

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.”

No comments: