Monday, November 18, 2019

Shalawat Yusriyah



Shalawat  Yusriyah ditulis oleh Syukh Yusri Rasyid Sayyid Jabar Al Hasani Al Asyhary sosok Imam dan juga Khatib di masjid Al Asyrof di Muqattham. 

Pembacaan Shalawat Yusriyah dapat dijadikan salah satu kegiatan  sebagai wirid harian atau sebagai amalan harian Karena Shalawat Yusriyah tersebut memiliki banyak sekali hikmah atau  keutamaan yang membawa dampak positif yang dapat diambil bagi para pengamalnya.

Salah satu diantaranya adalah; yang memiliki perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari bagi para pengamalna. Misalnya dalam keberagamaanya, interaksi dalam lingkungan sekitar menjadi lebih baik, menjadi pribadi yang santun dan dapat merasakan ketenangan dan merasakan damai dalam hatinya si pembaca. 

Shalawat Yusriyah ini adalah sebagai berikut;


صَلَوَاتُ الْيُسْرِيَّةُ عَلَى خَيْرِ الْبَرِيَّةِ
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالْبَرْزَخِ بَــيْنَ اْلأَحَدِيَّةِ وَالْوَاحِدِيَّةِ, وَبَــيْنَ الْبُطُوْنِ وَالظُّهُوْرِ, سِرِّ التَّجَلِّى اْلأَعْظَمِ, أَحْمَدِ الْبِدَايَةِ وَالْبِشَارَةِ, مُحَمَّدِ نِالنِّــهَايَةِ وَالْهِدَايَةِ, مُحَمَّدِ نِالسِّيْرَةِ وَالسَّرِيْرَةِ مُصْطَفٰى الْعِنَايَةِ وَالرِّعَايَةِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَسَلِّمْ, عَدَدَ كَمَالِكَ وَكَمَا يَلِيْقُ بِكَمَالِهِ.

Artinya :
"Ya Allah limpahkanlah kasih sayang-Mu kepada junjungan kita nabi Muhammad ﷺ di alam barzah (alam antara alam dunia dan alam kubur) diantara kesatuan dan kepaduan, antara rahasia dan kenyataan, yang memiliki rahasia keagungan yang amat besar, Ahmad sang pemula dan pemilik anugerah, Muhammad sang penutup dan pembawa petunjuk, yang berjalan (dengan cepat) yang memiliki kepribadian yang suci, orang yang terpilih yang memperoleh pertolongan, dan limpahkanlah keselamatan kepada keluarganya sebanyak sifat kesempurnaan-Mu dan baginya sebuah kesempurnaan".


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ مَجْلٰى الرُّبُوْبِيَّةِ بِقَوْلِهِ (وَمَا أَرْسَالْنَاكَ إلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَـمِيْنَ) وَمُفْتَتَحِ الـنُّبُوَّةِ بِقَوْلِهِ (وَإنَّكَ لَتُلَقَّى الْقُرْآنَ مِنْ لَدُنْ حَكِيْمٍ عَلِيْمٍ) وَتَجَلِّى اْلأُلُوْهِيَّةِ اْلأَعْظَمِ بِقَوْلِهِ (وَإِنَّكَ لَتَـهْدِى إِلٰى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ) صَاحِبِ الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ وَالنَّهْجُ الْقَوِيْمِ وَالصِّرَاطِ الْـمُسْتَقِيْمِ الرَّؤُفِ الرَّحِيْمِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَسَلِّمْ بِقَدْرِ مَا وَضَعْتَهُ فِيْهِ مِنْ أَسْرَارِكَ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْهُ أَوْفَرَ نَصِيْبٍ مِنَ الْعِنَايَةِ وَالرِّعَايَةِ يَااللهُ يَامُجِيْبُ

Artinya :
"Ya Allah limpahkanlah kasih sayang-Mu kepada junjungan kita nabi Muhammad ﷺ seperti Firman Allah ﷻ (dalam surat al-Anbiya, ayat 107) “Aku (Allah) tidak mengutusmu (wahai Muhammad) kecuali sebagai pembawa rahamt bagi seluruh alam” sebagai pembawa kunci kenabian, seperti Firman Allah ﷻ (dalam surat an-Naml ayat 6) ”dan sesunggunya engkau diberi Al-Qur’an dari haribaan Dzat yang Maha Menghukumi dan Yang Maha Mengetahui” seorang nabi yang memiliki keagungan keilahiyan yang agung, seperti firman Allah (surat As-Su’aro ayat 52) “dan sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) adalah pembawa petunjuk kepada jalan yang lurus”. Seorang nabi Yang memiliki akhlak yang agung, petunjuk jalan yang terang dan jalan yang tegak, dan pembawa jalan yang lurus, nabi yang welas asih. Dan limpahkanlah keselamatan kepada keluarganya seperti apa-apa yang telah Engkau letakkan baginya (Muhammad ﷺ) rahasia-Mu, dan jadikanlah kami bagian darinya sehingga dapat mendekatkan kami pada pertolongan dan penjagaan-Mu, Ya Allah, Dzat yang Maha memperkenankan doa". 


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالأَوَلِيَّــةِ وَالرِّسَالَةِ, وَسَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِاْلآخِرِيَّةِ وَالنُّبُوَّةِ وَالْهِدَايَةِ الْـمُتَخَلِقِ بِالْعُبُوْدِيَّةِ وَالْقَائِمِ بِحُقُوْقِ الرُّبُوْبِيَّةِ وَاْلأُلُوْهِيَّـةِ عَلٰى أَكْمَلِ وَجْهٍ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ كَمَا هُوَ أَهْلُهُ بِمَا أَنْتَ أَهْلُهُ وَأَنِلْنَا مِنْهُ وَعَلٰى يَدَيْهِ أَوْفَرَ نَصِيْبٍ مِنَ الْقُرْبِ وَالتَّخْصِيْصِ يَاكَرِيْمُ يَامُجِيْبُ يَااللهُ يَااللهُ يَااللهُ.

Artinya :
"Ya Allah limpahkanlah kasih sayang-Mu kepada junjungan kita nabi Muhammad ﷺ sebagai permulaan dan pembawa risalah, Nabi Muhammad sang penutup kenabian pembawa petunjuk yang diciptakan untuk menghamba yang tegak berdiri diatas kebenaran ke-Ilahiayah-an diatas kesempurnaan jiwa dan raga,serta limpahkanlah keselamatan kepada keluarga beliau, seperti keselamatan yang telah Engkau limpahkan kepada nabi Muhammad ﷺ sebab Engkaulah pemilik keselamatan itu sehingga kita pun dapat memperoleh keselamatan darinya, dan darinya pula kami mendapatkan banyaknya keselamatan serta kedekatan secara khusus di sisinya. Duhai Dzat Yang Mulia, Duhai Dzat Yang Maha mengabulkan doa. Ya Allah" 3X.
Wallahu Alam Bishowab.

No comments: