Monday, November 11, 2019

Penyebutan 25 Nabi Dalam Al Quran.

Seperti yang kita ketahui salah satu rukun iman diantaranya adalah beriman kepada nabi dan rasul. Dan mengenai jumlah nabi sendiri sangat banyak mencapai ratusan ribu. Sebagaimana Hadist dari Abi Zar bahwa Rasulullah ﷺ bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi,:
 "(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi." "Lalu berapa jumlah rasul di antara mereka?" Dia menjawab, "Tiga ratus tigabelas (313)" (Hadits riwayat At-Turmudzi).

Namun kita hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 Nama nabi atau rasul saja. Nama nabi atau rasul yang paling banyak disebut Al-Quran adalah 4 orang para nabi dan rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah para nabi dan rasul yang memiliki keteguhan luar biasa selama menyebarkan berbagai risalah Allah. Tatkala paranabi dan rasul ini harus menghadapi berbagai penentangan dari kaum-kaum yang didakwahi; para rasul ini berdoa agar Allah memberi hidayah untuk kaum-kaum tersebut. . Mereka adalah Nabi Musa disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak AS 136 kali disebut, Nabi Ibrahim AS disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak  69 kali, Nabi Nuh AS disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 43 kali dan Nabi Isa AS 36 kali. Sedangkan Rasulullah ﷺ  yang juga mendapat gelar Ulul Azmi disebutkan dalam Al-Qur'an  hanya sebanyak: 4 kali.


Berikut ini jumlah nama nabi atau rasul yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai berikut:

1. Nabi Adam AS, dalam bahasa Arab Arab: آدم (Aadam), dalam bahasa Arab Ibrani: אָדָם (Adam). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: .25 kali.

2. Nabi Idris AS, dalam bahasa Arab: إدريس (Idriis), dalam bahasa Ibrani: חֲנוֹךְ (Hanokh). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 2 kali.

3. Nabi Nuh AS, dalam bahasa Arab: نُوح (Nuuh), dalam bahasa Ibrani: נוֹחַ (Noah). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak:  43 kali.

4.Nabi Hud AS, dalam bahasa Arab: هود (Huud), dalam bahasa Ibrani: עֵבֶר (Eber). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 7 kali

5. Nabi Shaleh AS, dalam bahasa Arab : صالح (sholih), dalam bahasa Ibrani סֶלָה (Shelah). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 9 kali.

6. Nabi Ibrahim AS, dalam bahasa Arab: إبراهيم (Ibrahim), dalam bahasa Ibrani: אַבְרָהָם (Abraham). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 69 kali.

7. Nabi Luth AS, dalam bahasa Arab: لوط (Luth), dalam bahasa Ibrani: לוֹט (Lot). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 27 kali.

8.Nabi Ismail AS, dalam bahasa Arab: إسماعيل (Ismail), dalam bahasa Ibrani: שְׁמָעֵאל (Ishmael). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 12 kali.

9. Nabi Ishaq AS, dalam bahasa Arab: إسحاق (Ishaq), dalam bahasa Ibrani: יִצְחָק (Isaac). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 17 kali.

10. Nabi Ya'qub AS, dalam bahasa Arab: يَعْقُوب (Ya'qub) , dalam bahasa Ibrani: יַעֲקֹב (Jacob). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak:  16 kali.

11. Nabi Yusuf AS, dalam bahasa Arab: يوسف (Yusuf) , dalam bahasa Ibrani: יוֹסֵף (Joseph). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 27 kali.


12. Nabi Ayyub AS, dalam bahasa Arab: أيّوب (Ayyub) , dalam bahasa Ibrani: אִיּוֹב (Job). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 4 kali.

13. Nabi Syu'aib AS, dalam bahasa Arab: شعيب (Syuaib), dalam bahasa Ibrani יִתְרוֹ (Jehtro). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 10 kali.

14. Nabi Musa AS, dalam bahasa Arab: موسى (Musa), dalam bahasa Ibrani: מֹשֶׁה (Moses). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 136 kali.

15. Nabi Harun AS, dalam bahasa Arab: هارون (Harun), dalam bahasa Ibrani אַהֲרֹן (Aaron). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 20 kali.

16. Nabi Zulkifli AS, dalam bahasa Arab ذو الكفل, dalam bahasa Ibrani יחזקאל (yechezqel). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak:

17. Nabi Daud AS, dalam bahasa Arab: داود (Daud), dalam bahasa Ibrani: דָּוִד (David). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 16 kali.

18. Nabi Sulaiman AS, dalam bahasa Arab: سليمان (Sulaiman) , dalam bahasa Ibrani: שְׁלֹמֹה (Salomo). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 17 kali.

19. Nabi Ilyas AS, dalam bahasa Arab: إلياس (Ilyas) , dalam bahasa Ibrani: אֱלִיָּהוּ (Elijah). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 2 kali.

20. Nabi Ilyasa' AS, dalam bahasa Arab: الْيَسَع (Ilyasa) , dalam bahasa Ibrani: אֱלִישָׁע (Elisha).Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 2 kali.

21. Nabi Yunus AS, dalam bahasa Arab: يونس (Yunus) , dalam bahasa Ibrani: יוֹנָה (Jonah). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 4 kali.

22. Nabi Zakariya AS, dalam bahasa Arab: زكريا (Zakariya) , dalam bahasa Ibrani: זְכַרְיָה (Zechariah). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 7 kali.

23. Nabi Yahya AS, dalam bahasa Arab: يحيى (Yahya) , dalam bahasa Ibrani: יוחנן (John). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 5 kali

24. Nabi Isa AS, dalam bahasa Arab: عيسى (Isa) , dalam bahasa Ibrani: ישוע (Yasua). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: 25 kali

25. Nabi Muhammad , dalam bahasa Arab: محمد (Muhammad) , dalam bahasa Ibrani: מוחמד (Muhamad). Disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak: Muhammad (4 kali) dan Ahmad (1 kali).

Wallahu Alam Bishowab.

No comments: