Thursday, March 15, 2018

Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Mukjizat, Irhasat, Karomah dan Sihir.

Pengertian.
Mukjizat adalah hal/perkara atau suatu kejadian yang luar biasa di luar nalar dan kemampuan manusia  dari para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan bukti kebenaran bahwa ia benar benar seorang utusan Allah SWT dan juga keabsahan atas risalahnya.

Irhasat adalah hal/perkara atau suatu kejadian yang luar biasa di luar nalar dan kemampuan manusia  yang terjadi untuk menunjukkan tanda-tanda dari seorang hamba pilihan sebelum diangkat menjadi rasul.

Karamah adalah hal/perkara atau suatu kejadian yang luar biasa di luar nalar dan kemampuan manusia awam yang terjadi pada diri seorang wali Allah.

Sihir adalah hal/perkara atau suatu kejadian yang luar biasa di luar nalar dan kemampuan manusia yang terjadi pada diri orang-orang kafir atau orang yang tidak beriman kepada Allah SWT biasanya disebut dengan dukun atau tukang tenung ataupun tukang sihir.
Persamaan.
Mukjizat, Irhasat, Karomah dan Sihir itu memiliki persamaan diantaranya adalah:
  • Sama-sama merupakan kejadian luar biasa atau kelebihan yang dianugerahkan Allah SWT kepada hamba-hambanya yang terpilih di di luar jangkauan akal manusia. 
  • Sama-sama mempunyai sifat melemahkan.

Perbedaan.

Perbedaan diantara Mukjizat, Irhasat, Karomah dan Sihir itu terletak pada penerima anugerah tersebut. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  • Mukjizat hanya diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang terpilih setelah diangkat menjadi Rasul sebagai bukti kebenaran bahwa ia benar benar seorang utusan Allah SWT.
  • Irhasat hanya diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang terpilih sebelum diangkat menjadi Rasul.
  • Karomah, hanya diberikan Allah SWT kepada seorang wali (Kekasih Allah).
  • Sihir hanya diberikan Allah SWT kepada orang-orang kafir atau orang yang tidak beriman kepada Allah SWT.

Wallahu A'lam Bishowab.

No comments: