Monday, March 5, 2018

Hakekat Huruf Ba.

Amirul Mukminin Ali Ibn Abi Tholib RA berkata : 

"Aku adalah titik huruf Ba pada Bismillah. Aku adalah Pena dan aku adalah Lahul Mahfudz. Aku adalah 'Arsy dan aku adalah Kursy dan aku adalah petala-petala langit".


Huruf Ba dalam setiap surah itu sendiri adalah suatu keharusan karena adanya huruf Ba terdapat dalam lafadz Basmalah pada setiap surah. Itu semua karena huruf Ba itu sendiri  juga mengawali ayat dalam setiap surah (kecuali surat At-Taubah).

Setiap surah dalam Al-Quran mesti diawali dengan Huruf Ba sebagaimana dalam dalil tersebut. Seluruh kandungan Al-Quran itu ada dalam surah Al-Fatihah, tersimpul lagi didalam Basmalah, tersimpul lagi dalam huruf Ba, akhirnya pada Titik. 

Ariffin berkata:

"Jika kita belah hati setitik air, kita akan dapati seratus lautan didalamnya".


Apakah hakikat Titik?
Titik merupakan syarat-syarat Dzat Allah yang tersembunyi dibalik khazanah-Nya ketika dalam tajalli-Nya terhadap makhluk. Sang Arif berkata:
"Tidak akan mencapai ilmu Allah kecuali yakin yang sebenar yakin bahwa Dzat, sifat, afal nya sebagai Dzat, Sifat, Afal Allah. Allah kekal dalam kekekalan Nya sendiri".

La hayyun.

La alimun.

La Samiun.
La Basirun.
La Qodirun.
La Muridun. 
La Mutakallimun. 
Bi Haqqi Ilallah.


Wallahu a'lam bishowab.

No comments: