Tuesday, August 8, 2017

Sungguh , Hancurnya Hati Anak Cucu Keturunanku Itu Telah Sampai Kepadaku.

Dikisahkan oleh Al Habib Alwi bin Abdurrahman Assegaf. Dahulu kala ada seorang Waliyullah yang setiap malam bermimpi Rasulullah ﷺ, dan pada suatu hari dia berjumpa dengan seorang yang dia kenal sebagai anak cucunya Rasulullah ﷺ. 

Dia melihat orang itu dalam keadaan mabuk (anak cucu keturunan  Rasulullah ﷺ ini sama seperti umumnya manusia, ia bergaul seperti yang lain). 

Dan kemungkinan dalam kisah ini yang dimaksud jauh dari Agama dan bergaul dengan bebas, atau memang mungkin ia sangat tidak mengerti bahwa dirinya adalah anak cucunya keturunan Rasulullah ﷺ. 

Akhirnya si Wali tersebut menegurnya, dan sambil mencaci maki :
"Engkau ini tidak tahu diri, engkau adalah anak cucunya 
keturunan dari Rasulullah ﷺ, akan tetapi kenapa engkau malah senang mabuk-mabukan dan bukan menjadi contoh yang benar!".

Anak cucu Keturunan dari Rasulullah ﷺ tersebut menjawab:
"Memangnya anda itu siapa dan apa urusan anda dengan saya?".

Belum selesai orang tersebut bicara si Wali dengan kesal lalu menamparnya dan berkata :
"Dasar orang tak tahu  tahu di untung! Pergi kamu! Biar sadar diri, kamu itu keturunan dari Rasulullah ﷺ dan seharusnya tidak seharusnya begitu!".

Akhirnya pergilah Anak cucu  Keturunan dari Rasulullah ﷺ tersebut dengan menahan kesal pada si Wali yang telah memaki dan menamparnya

Singkat cerita setelah kejadian itu, dimalam hari si Wali tidak lagi bermimpi Rasulullah ﷺ. Hari berganti hari dan terus sampai seminggu lamanya. Yang pada akhirnya si Wali tersebut memohon kepada Allah Swt agar ia bisa mimpi lagi berjumpa dengan Rasulullah ﷺ. 

Dimalam harinya dengan izin Allah si Wali dapat bermimpi Rasulullah ﷺ lagi dan didalam mimpi itu si Wali berlari dan berusaha ingin mencium Tangan Rasulullah ﷺ. Akan tetapi Rasulullah ﷺ tidak mengizinkannya. 

Pada akhirnya si Wali pun bertanya pada Rasulullah ﷺ:
"Apa yang telah membuat ummatmu ini tidak bisa lagi bertemu denganmu ya Rasulullah ﷺ dalam mimpiku?". 

Rasulullah ﷺ menjawabnya dan bersabda :
"Ketahuilah olehmu...Sesungguhnya aku ini enggan untuk berjumpa denganmu dan ini adalah karunia kasih sayang Allah kepadamu agar kita bisa di pertemukan, Aku enggan bertemu denganmu karena kamu telah menyakiti hati anak cucuku, karena engkau telah memakinya bahkan engkau telah berani menamparnya".

Rasulullah ﷺ lalu melanjutkan sabdanya:
"Bila ada salah dari anak keturunanku, apa tidak ada jalan yang baik untuk membawanya menjadi baik...Sesungguhnya hancurnya hati anak cucuku itu telah sampai padaku".

Mendengar jawaban dari Rasulullah ﷺ si Wali terbangun dari tidurnya dan menangis sejadi-jadinya, menyesali apa yang di perbuatnya dan keesokan harinya ia mencari orang yang masih termasuk anak cucu keturunan  Rasulullah ﷺyang kemarin dimaki dan ditamparnya untuk meminta maaf padanya. 

Akhirnya mereka bertemu dan berjumpa, lalu si Wali meminta maaf pada si anak cucu keturunan Rasulullah ﷺ itu atas perbuatannya...Terkaget kagetlah anak cucu keturunan Rasulullah ﷺ tersebut dan terdiam, tidak lama menangis sejadi jadinya seraya berkata :
"Kirimkan Salam pada Datukku, aku sudah memafkan kamu dan aku mau merubah diriku mengikuti perjalanan sebagai mana yang digariskan oleh Datukku Rasulullah ﷺ".

Di kesempatan malam berikutnya si Wali kembali bermimpi Rasulullah ﷺ yang pada kesempatan tersebut Rasulullah ﷺ lalu tersenyum padanya dan memanggil dirinya, dengan rasa senang yang tidak terhingga si Wali itu berlari dan mendekati Rasulullah ﷺ lalu mencium tangannya yang mulia sepenuh hatinya, lalu Rasulullah ﷺ bersabda pada si Wali tersebut :

"Ketahuilah olehmu...Andai saja anak keturunanku itu tidak memaafkan dirimu, sampai kapanpun aku tidak mau bertemu denganmu, bersyukurlah pada Allah yang telah menyelamatkan kamu dari hal tersebut".

Wallahu Alam Bishowab.

No comments: