Wednesday, June 8, 2016

Trik Menulis Tulisan Arab Di MS word ataupun MS Office.

Bagi anda yang sering mengetik Tulisan Arab dan pastinya anda akan mendapatkan berbagai kesulitan didalamnya. Insya Allah disini kita akan dapat  menemukan sebuah solusi yang tepat ataupun cara yang Mudah untuk Mengetik Huruf Arab Berharakat tanpa ribet dan tanpa instalasi ini atau itu. 

Pada dasarnya dalam sebuah komputer itu berisikan setiap karakter yang telah diberikan kode unik yang disebut 'Unicode'. Menurut kamus wikipedia Unicode adalah suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set dan dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard. 

Unicode mengandung suatu kumpulan karakter, suatu metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil, suatu kumpulan data referensi berkas komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering).Secara formal, 'Unicode' adalah standar industri komputasi untuk encoding konsisten, representasi dan penanganan teks dinyatakan dalam sebagian besar sistem penulisan di dunia. Apakah itu adalah bahasa Inggris atau Perancis atau Arab, setiap karakter yang dapat diketik, diberikan sebuah Unicode. 

Dalam rangka untuk menghemat atau mengurangi panjang kode, sistem heksadesimal digunakan sebagai pengganti sistem desimal. Tanpa harus ribet karena terlalu banyak rincian teknis didalmnya, inilah solusi yang tepat untuk mengetik tilisan arab dalam MS word ataupun MS Office. Berikut penjelasannya:



Misalnya saja, jika kita ingin mengetik ﷴ maka:
  • Ketik "FDF4".
  • Lalu tekan 'Alt + x' (Secara bersamaan). MS Word atau dokumen Office maka akan mengkonversi FDF4 menjadi ﷴ.
  • Dalam hal ini Unicode untuk "ﷴ" adalah 'FDF4'.

Misalnya saja, jika kita ingin mengetik ﷺ maka :

  • Ketik 'FDFA'.
  • Lalu tekan 'Alt + x' (Secara bersamaan). MS word ataupun MS Office akan mengkonversi FDFA menjadi ﷺ .
  • Dalam hal ini Unicode untuk "ﷺ" adalah "FDFA".
Berikut ini adalah beberapa contoh dari tabel Unicode yang dapat dikonversi kedalam tulisan Arab:

Arabic Phrase/Word
IndonesiaTransliteration
Unicode
Allah
FDF2
Sallallāhuʿalaihi wasallam
FDFA
Mohamad
FDF4
Akbar
FDF3
Rasul
FDF6
Jallajalaalahu
FDFB
Salla
FDF9
Wassalam
FDF8
Alaihi
FDF7
Salam
FDF5
Qala
FDF1
Shalla
FDF0


Catatan: Teknik ini dapat bekerja untuk semua produk MS Office. Jika tekhnik ini tidak bekerja seperti yang kita harapkan, maka kita dapat dipersilahkan untuk menambahkan 'U +' ke Unicode dan ulangi langkah-langkah yang disebutkan di atas. Misalnya, untuk mengetik , ketik 'U + FDFA' dan jenis Alt + x.

Wallahu A'lam Bishowab

No comments: