Thursday, June 30, 2016

Jawaban Dari Pertanyaan Kita.

Terkadang banyak orang  sering bertanya tanya kenapa, kenapa dan kenapa???. 

Kenapa begini ya! Kenapa begitu ya!. 
Ataupun sering bilang kok begini ya! Kok begitu ya! 


Jangan bingung ataupun bimbang. Don't worry be happy kalo kata orang inggris disana. Sebagai tanda kasih sayang-Nya, اللّهِ  سبحانه و تعالى  telah memberikan jawaban dan petunjuk jauh sebelum kita dilahirkan kedunia ini. Segala pertanyaan itu sudah dijawab oleh firman اللّهِ  سبحانه و تعالى.  Jika ada orang yang bertanya "mengapa kita selalu diuji?".  Mari kita perhatikan bersama-sama jawabannya telah dijawab oleh اللّهِ  سبحانه و تعالى dalam firman-Nya yang berbunyi sebagai  berikut: 

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ
وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖفَلَيَعْلَمَنَّ الَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ
Yang artinya: "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?.  Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta". (Al-Ankabut [29]: 2-3).

Bagi anda yang dipenuhi dengan rasa kekecewaan karena tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, pastinya akan  bertanya "Mengapa kita tidak dapat apa yg kita inginkan?". Ada baiknya jika kita lihat firman-Nya yang berbunyi sebagai  berikut: 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ ۖوَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖوَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗوَالَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Yang artinya: "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui".(QS. Al-Baqarah [2] : 216).


Sewaktu kita sedang menerima ataupun dalam cobaan yang berat, banyak dari kita  yang mengeluhkan  "Mengapa ujian yang kita hadapi seberat ini?". Agar kita bisa move on dan coba simak Firman اللّهِ  سبحانه و تعالى berikut ini
لَا يُكَلِّفُ الَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚلَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗرَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚرَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖوَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚأَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Yang artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):" Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".(QS. Al-Baqarah [2] : 286).


"Lalu, jika kita sedang bersedih. kita harus Bagaimana?".  
Mari kita perhatikan bersama-sama firman اللّهِ  سبحانه و تعالى  yang berbunyi sebagai  berikut: 
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Yang artinya: "Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman".(QS.Ali Imran [3]: 139).


Ketika kita putus asa dalam menghadapi cobaan sering kita mengeluh "Tapi kadang kita tidak sanggup  lagi menerima semua ini!". Mari kita perhatikan bersama-sama jawabannya telah dijawab oleh اللّهِ  سبحانه و تعالى dalam firman-Nya yang berbunyi sebagai  berikut: 
  أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ.  وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ. الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ. وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ. فَإِنَّمَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا فَإِذَا فَرَغْتَ  فَانْصَبْ. وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَ

Yang artinya: "Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,Yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama) mu.Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap".(QS.AL-Insyiraah[94]:1-8).


Bagi anda yang bingung dengan hidup dan bertanya "bagaimana cara kita menjalani hidup?". Mari kita simak firman Allah SWT  yang berbunyi sebagai  berikut: 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung". (QS. Ali Imran [3] : 200).

Dalam firman اللّهِ  سبحانه و تعالى  yang lainnya juga dijelaskan:
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚوَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
Yang artinya: Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu". (QS. Al-Baqarah [2] : 45). 

Jangan pernahkan mengharapkan sesuatu kepada mahluk, lalu ada yang bertanya "Jadi pada siapa kita harus berharap?". Mari kita perhatikan bersama-sama jawabannya telah dijawab oleh اللّهِ  سبحانه و تعالى dalam firman-Nya yang berbunyi sebagai  berikut: 
   فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖوَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Yang artinya: "Maka katakanlah:" Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki arasy yang agung".( At-Taubah [9] : 129).


Dalam firman اللّهِ  سبحانه و تعالى yang lainnya juga dijelaskan:

   وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَ

Yang artinya: "Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap". (QS. Al-Insyiraah [94]: 8).


"Lantas balasan  apa yang kita dapat dari semua ini?".  Mari kita perhatikan bersama-sama jawabannya telah dijawab oleh اللّهِ  سبحانه و تعالى dalam firman-Nya yang berbunyi sebagai  berikut:  

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚلِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗوَأَرْضُ الَّهِ وَاسِعَةٌ ۗإِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Yang artinya: Katakanlah:"Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas". (QS. Az Zumar [39]: 10).

Dalam firman اللّهِ  سبحانه و تعالى yang lainnya juga dijelaskan:
۞ إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚيُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖوَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ ۚوَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ ۚفَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ ۚوَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Yang artinya: Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar". (QS. At-Taubah [9]: 111). 


Semogaاللّهِ  سبحانه و تعالى selalu memberikan kita petunjuk, ketetapan hati, dijauhkan dari segala keraguan.  

Wallahu A'lam bishowab.

No comments: