Tuesday, May 31, 2016

Biodata Nabi Shaleh AS.

Biodata Nabi Shaleh AS.

  • Nama lengkap beliau adalah Shaleh bin Ubaid. 
  • Dalam bahasa Arab : صالح (sholih), dalam bahasa Ibrani סֶלָה (Shelah) .
  • Nasab beliau: Adam AS ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris AS ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh AS ⇒ Sam ⇒ Iram (Aram) ⇒ Amir ⇒ Tsamud ⇒ Hadzir ⇒ Ubaid ⇒ Masah ⇒ Asif ⇒ Ubaid ⇒ Shalih AS. 
  • Didalam Al-Quran telah disebutkan sebanyak: 10 kali.
  • Usia: 70 tahun. 
  • Periode sejarah: 2150-2080 SM. 
  • Tempat diutus: Daerah al-Hijr (Mada’in Shalih, antara Madinah dan Syria). 
  • Tempat wafat: Mekkah. 
  • Sebutan kaumnya: Kaum Tsamud.


Sekilas tentang nabi Shaleh AS.
Nabi Shaleh AS diangkat sebagai Rasul oleh Allah, yang ditugaskan untuk menyeru kaum Tsamud agar mau menyembah Allah dan  bukan berhala-berhala. Tetapi kesombongan kaum Tsamud yang tidak mau menyembah Allah meminta bukti atau mu'jizat kepada Nabi Shaleh AS, sehingga ia berdo'a kepada Allah SWT, agar diberikan tanda kebenaran atas kerasulannya, sehingga diharapkan agar kaum Tsamud mau beriman sesuai dengan janji mereka yang mengatakan mereka akan beriman setelah Nabi Shaleh AS memberikan tanda-tanda bahwa dia adalah benar-benar seorang Rasul. Maka do'a Nabi Shaleh AS dikabulkan Oleh Allah SWT dengan diberinya mu'jizat berupa unta yang keluar dari batu besar.


Kemudian Nabi Shaleh AS  mengadakan perjanjian kepada kaumnya, diberitahukan bahwa unta itu adalah milik Allah SWT yang diwujudkan sebagai bukti kerasulannya. Karena itu kaum Tsamud dilarang untuk mengganggu apalagi membunuhnya, bila itu dilanggar, maka Allah akan mengazab mereka dengan azab yang teramat pedih. Sebagaimana perkataan Nabi Shaleh AS dalam firman Allah SWT yang artinya: "
"Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah SWT sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia, makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat." (QS. Hud: 64)

Tetapi apa yang terjadi tidak sesuai yang diharapkan,  kaum Tsamud melanggar perjanjian itu dengan membunuh unta Nabi Shaleh AS. Maka Allah SWT murka dan menurunkan azab yang yang teramat pedih kepada kaum Tsamud. 

Wallahu A'lam bishowab.

No comments: