Thursday, April 21, 2016

WiFi Dan Cara Mengucapkannya.

Menurut kamus wikipedia.org Wi-Fi atau WiFi adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik untuk terhubung ke jaringan nirkabel LAN (WLAN), biasanya menggunakan band 2,4 gigahertz (12 cm) pada jaringan UHF dan band 5 gigahertz (6cm) pada jaringan SHF ISM radio. Sebuah wiFi pada jaringan WLAN biasanya akan dilindungi oleh password atau bisa juga menjadi jaringan terbuka, yang memungkinkan perangkat dalam jangkauan untuk mengakses sumber daya dari jaringan WLAN.

Wi-Fi Aliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai salah satu produk WLAN berdasarkan Institute of Electrical and Electronics Engineers '(IEEE) 802.11 standar. [1] Namun, istilah "Wi-Fi" adalah digunakan dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim untuk jaringan "WLAN" karena kebanyakan WLAN modern didasarkan pada standar tersebut. "Wi-Fi" adalah merek dagang dari Wi-Fi Alliance. The "Wi-Fi Certified" merek dagang hanya dapat digunakan oleh produk Wi-Fi yang pengujian sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance berhasil lengkap.

Setelah kita membahas mengenai pengertian WiFi, lalu bagaimanakah cara mengucapkan WiFi yang benar, karena orang-orang kita sering mengucapkan WiFi dengan sebutan;
  • Wai Fi
  • Wi Fai
  • Wi Fi
  • Wai Fai
Lalu timbul pertanyaan menegenai versi manakah  yang benar dalam mengucapkan WiFi. Untuk membahas cara mengucapkan WiFi yang benar dan kita sebagai warga negara Indonesia, maka kita harus membagi cara mengucapkan WiFi sebagai berikut:
  • Dalam Bahasa Indonesia cara mengucapkan WiFi yang benar adalah dengan menyebutnya dengan Wi Fi. 
  • Dalam Bahasa Inggris cara mengucapkan WiFi yang benar adalah dengan menyebutnya dengan Wai Fai. 
Jadi kesimpulan dari pertanyaan diatas adalah:
Wai Fi  adalah cara  mengucapkan Wi Fi yang salah karena Wai-Fi merupakan penggabungan bahasa yang digunakan dalam mengucapkan WiFi yang digabung dalam 2 bahasa, yaitu Wai dalam versi bahasa Inggris dan Fi dalam versi bahasa Indonesia.

Wi Fai.  adalah cara  mengucapkan WiFi yang salah karena Wi-Fai merupakan penggabungan bahasa yang digunakan dalam mengucapkan WiFi yang digabung dalam 2 bahasa, yaitu Wi dalam versi bahasa Indonesia dan Fai dalam versi bahasa Inggris .

Wi Fi adalah cara  mengucapkan WiFi yang benar karena Wi-Fi merupakan bahasa yang digunakan dalam mengucapkan WiFi yang dalam versi bahasa Indonesia.

Wai Fai adalah cara  mengucapkan WiFi yang benar karena Wai-Fai merupakan bahasa yang digunakan dalam mengucapkan WiFi yang dalam versi bahasa Inggris.

Jadi pada dasarnya jika kita ingin mengucapkan WiFi yang benar maka kita harus berkomitmen untuk mengucapkannya dalam versi bahasa Inggris ataupun versi bahasa Indonesia. Jangan menggabungkannya kedua bahasa tersebut. Tetapi pilih salah satu diantaranya.

Wallahu Alam Bishowab

No comments: