Monday, December 7, 2015

Rabu Wekasan

Rabu Wekasan adalah istilah untuk hari Rabu akhir dibulan Shofar. Bulan shofar tidak beda dengan bulan yang lainya.

Dalam   kitab Kanz an-Najaah wa as-Suraur fi ad-Ad'iyah allati Tasyrah ash-Shuduur yang Kandungannya membicarakan berbagai-bagai amalan wirid, doa, zikir dan lain-lain.  Syaikh Abdul Hamid Quds  menerangkan  berkata sebagian ulama ‘arifin dari ahli mukasyafah (sebutan ulama sufi tingkat tinggi), bahwa setiap hari Rabu di akhir bulan Shafar diturunkan ke bumi sebanyak 360.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana. Dan dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Hajat Lidaf’il bala pada hari tersebut sebanyak 4 raka’at satu kali salam atau 2 kali salam dan pada setiap raka’at setelah membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al Kautsar 17 kali, surat Al Ikhlas 5 kali, surat Al Falaq 2 kali dan surat An Nas 1 kali. Setelah selesai shalat dilanjutkan membaca doa Lidaf’il bala, insya Allah kita akan terbebas dari semua malapetaka dan bencana yang sangat dahsyat tersebut.

Dalam kitab kitab Kanz an-Najaah wa as-Suraur fi ad-Ad'iyah allati Tasyrah ash-Shuduur juga disebutkan, sebagian ulama shalihin berkata:
"sesungguhnya Rabu akhir bulan Shafar adalah hari nahas yang terus-menerus."



Rabu akhir dibulan Shofar dianggap sebagian ulama ‘arifin dan ahli mukasyafah sebagai hari yang sangat berat dibandingkan hari-hari lain sepanjang tahun. Beberapa ulama mengatakan, ayat Al-Qur'an "yauma nahsin mustamir", yakni "hari berlanjutnya pertanda buruk", merujuk pada hari ini.

Oleh karenanya mereka  menganjurkan dan  mengajak pada umat untuk bertaqorrub pada Allah SWT seraya meminta agar dijauhkan dari semua bala’ yang diturunkan pada hari Rabu akhir dibulan Shofar. Lebih jauh para ulama  mukasyafah  memberi  tuntunan tatacara bertaqorrub dengan rangkaian do’a-do’a yang  lebih dikenal sebagai do’a lidaf’il bala . Pada intinya rangkaian doa itu diberikan oleh para ulama  sebagai upaya memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan keselamatan dan di jauhkan dari semua macam bala yang diturunkan pada hari Rabu akhir dibulan Shofar.



Mari kita berdoa dan memohon kepada Allah  SWT dengan kemurahan-Nya akan menjaga kita dari semua bala bencana yang turun sepanjang tahun.

No comments: