Tuesday, December 8, 2015

Amalan Rabu Wekasan


Rabu Wekasan adalah istilah untuk hari Rabu akhir dibulan Shofar. Dalam   kitab Kanz an-Najaah wa as-Suraur fi ad-Ad'iyah allati Tasyrah ash-Shuduur yang dikarang oleh   Syaikh Abdul Hamid Quds  menerangkan  berkata:

"Sebagian ulama ‘arifin dari ahli mukasyafah (sebutan ulama sufi tingkat tinggi), bahwa setiap hari Rabu di akhir bulan Shafar diturunkan ke bumi sebanyak 360.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana". 


Oleh karenanya mereka  menganjurkan dan mengajak kita untuk bertaqorrub pada Allah SWT seraya memohon keselamatan dan kawelasan kepada Allah SWT  agar dijauhkan dari semua bala’ yang diturunkan pada hari Rabu akhir dibulan Shofar. 


Berikut ini amalannya:
  • Dikerjakan pada Waktu Dhuha
  •  Niat.

اُصَـلِّى سُـنَّةً لِدَفْعِ الْبَـلاَءِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَـالَى 
Ushollii sunnatan lidaf’il balaa-i rok’ataini lillaahi ta’aala, 
Dikerjakan sebanyak 4 raka’at satu kali salam atau lebih dianjurkan 2 kali salam  dan pada setiap raka’at setelah membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al Kautsar 17 kali, surat Al Ikhlas 5 kali, surat Al Falaq 2 kali dan surat An Nas 1 kali. 

Dalam Kitab Sunanun Mardhiyah, Syaikh Abdul Ghaust Saefullah Al-Maslul Mengatakan:
"Barang siapa yang melaksanakan shalat sunat Lidafil bala pada hari rabu akhir di bulan shafar guna terhindar dari bala".



Berdoa sesuai dengan hafalan & kemampuan,  memohon keselamatan dan kawelasan kepada Allah SWT.  

  • Buat Air Salamun
Setelah selesai kemudian menulis kalimat berbahasa Arab yang berisi beberapa ayat al-Qur'an mengandung doa  dengan awalan kata "salamun". Seperti, ayat salamun qoulan min rabbir rahim, salamun ala nuuhin fil alamin, salamun ala ibrohim, salaamun ala musa waharuun dan seterusnya.  Atau jika anda tidak mampu, anda  bisa menggunting atau memotong gambar diatas

Lalu dicampurkan kedalam air kolam ataupun air mineral di botol dan dibacakan Doa Lidaf’il Bala sehingga airnya disebut ‘air salamun’, gunakan untuk mandi ataupun dikomsumsi. 

No comments: