Wednesday, March 27, 2013

Tujuan Hidup


Sudah banyak artikel yang ditulis yang berkaitan dengan cara menggapai   tujuan hidup kita tetapi masih saja bingung dengan bagaimana caranya untuk sukses di tujuan kita.
Jika kita masih bingung dengan cara yang harus kita lakukan, maka bagaimana kita bisa meraih sukses. Sukses adalah mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspetasi kita, jika caranya saja kita tidak memahami lalu bagaimana anda akan menjadi orang yang sukses?
Untuk itu penting bagi kita, menemukan apa yang sebenarnyaekspetasi kita. Sebenarnya kita semua memilki ekspetasi, mulai dari ekspetasi  kecil-kecilan selalu menyertai kita dalam kehidupan sehari-hari hingga  ekspetasi yang besar. Ekspetasi  besarlah yang akan membuat kita lebih bersemangat dan lebih berarti dalam kehidupan.

Dalam hidup kemana kita akan melihat untuk memperoleh ekspetasi kita dan memperoleh kebahagian yang haqiqi?



Boleh saja kita akan melihat ke atas untuk memperoleh semangat untuk maju, melihat kebawah untuk selalu bersyukur atas apa yang kita milki, melihat kesamping untuk kebersamaan, melihat kebelakang sebagai pelajaran dan pengalaman yang berharga. Melihat kedepan disanalah adanya tujuan dan harapan.

Hidup itu adalah saat sekarang ini, bukan kemarin ataupun besok. Janganlah dalam kehidupan kita hanya memfokuskan kepada tujuan saja. karena ketika diri kita menfokuskan kepada tujuan, maka yang kita harapkan adalah hasil  yang harus sesuai dengan ekspetasi kita dan tidak boleh kurang dari ekspetasi. Jika hasilnya sesuai maka bahagialah kita, tetapi ketika hasilnya tidak sesuai dengan ekspetasi kita maka kita akan terpukul dan kecewa. Ketika diri kita menfokuskan kepada tujuan maka biasanya segala cara akan kita lakukan untuk mencapai tujuan kita tersebut dan tanpa kita sadari kita bersikap acuh tak acuh pada potensi diri kita. 
Ketahuilah bahwa setiap manusia dianugrahi oleh Allah SWT dengan memilki potensi  yang berbeda-beda dalam dirinya dan harus digali lebih dalam lagi dengan latihan ataupun minimal kita memahami  potensi diri kita terlebih dahulu. Oleh karenanya jika kita telah mengetahui potensi pada diri kita maka yang harus kita lakukan adalah kita harus fokus pada potensi diri kita bukan kepada tujuan kita.

Karena ketika bisa untuk fokus pada kemampuan ataupun potensi pada diri kita, maka secara otomatis potensi kita akan mengarahkan kita pada tujuan kita dan biasanya hasil yang diperoleh melampui dari ekspetasi kita.

No comments: